Sajian Warung Kaki 5

Gurih Mantap Nasi Uduk Betawi dengan Lauk Komplet

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 05 Mar 2018 19:40 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5
Jakarta - Malam-malam makan nasi uduk hangat dengan lauk komplet pasti memanjakan lidah. Apalagi menu ini mudah di jumpai di pinggir jalan.

Selain kerak telur, nasi uduk khas Betawi jadi sajian primadona banyak orang. Karenanya, warung kaki lima yang menjajakan menu ini pasti ramai pengunjung.

Umumnya warung tenda nasi uduk ada di kompleks perumahan atau tempat strategis. Beragam lauk terlihat di balik etalase kaca. Ada empal, ayam goreng, telur balado, kentang balado, tempe orek, bihun, telur dadar hingga semur jengkol. Tak ketinggalan gorengan dan kerupuk.

Gurih Mantap Nasi Uduk Betawi dengan Lauk KompletFoto: Istimewa

Baca Juga: Mpok Sunayah: Aduh Enaknye Nasi Uduk Betawi Berlauk Empal dan Semur Jengkol

Aroma nasi uduk dengan taburan bawang goreng yang wangi khas dijamin menggunggah selera. Wangi khasnya ini karena berasnya dicampur dengan santan kelapa, daun salam, daun jeruk, dan serai.

Tekstur nasinya yang lembut dipadu dengan beragam lauk yang yang lezat juga sangat memanjakan lidah. Bagi yang suka pedas jangan khawatir. Ada sambal kacang dan sambal terasi untuk mendapat sensai pedas.

Untuk gorengan, biasanya ada goreng tempe dan bakwan. Goreng tempe dan bakwannya juga bisa dimakan lagsung sambil dicocol sambal kacang. Gorengan hangat renyah memang lebih mantap dipadu dengan pedas gurih sambal kacang.

Gurih Mantap Nasi Uduk Betawi dengan Lauk KompletFoto: dok. detikFood

Yang istimewa, selain nasinya hangat mengepul, lauk-pauknya juga. Karena selalu digoreng saat dipesan. Apalagi sambal dan lalapan boleh nambah.

Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk makan sepiring nasi uduk di warung pinggir jalan. Biasanya harganya berkisar antara Rp 20.000 - Rp 25.000. Murah meriah kan?

Baca Juga: Sedapnya Nasi Uduk Komplet yang Gurih di 4 Warung Ini

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com