Teh Klasik hingga Kekinian

Mewah! 10 Teh Ini Dikenal dengan Harga Termahal di Dunia (2)

Devi Setya - detikFood Sabtu, 03 Mar 2018 15:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -
Bukan sembarang teh, beberapa teh ini punya harga yang sangat mahal. Tak tanggung-tanggung, harganya belasan hingga puluhan juta rupiah. Teh apa saja?

Berikut ini deretan teh yang harganya bak perhiasan dan barang mewah. Jika Anda berkesempatan mencicipnya, Anda masuk dalam golongan orang yang beruntung.

6. Yellow Gold Buds

Mewah! 10 Teh Ini Dikenal dengan Harga Termahal di Dunia (2)Foto: Istimewa
Teh jenis ini hanya bisa tumbuh dan dibudidaya di Singapura. Inilah salah satu alasan mengapa harganya sangat tinggi. Daun teh ini berwarna kuning keemasan dan diyakini memiliki manfaat kesehatan yang sangat bagus.

Yellow gold buds juga hanya bisa dipanen sekali dalam setahun. Harga perkilogramnya USD 3.000 atau sekitar Rp 41,3 juta.

7. Poo Poo Pu-erh

Mewah! 10 Teh Ini Dikenal dengan Harga Termahal di Dunia (2)Foto: Istimewa
Nama teh ini menggambarkan asal usulnya. Bukan berasal dari daun teh, melainkan dari kotoran serangga yang hidup di sekitar tanaman teh. Ini bukan lelucon!

Para petani dari Taiwan mengumpulkan kotoran dari sekitar kebun teh. Kotoran serangga yang berukuran kecil dikumpulkan menggunakan pinset dan bantuan kaca pembesar. Teh ini diolah di Yunnan China dan harganya USD 1.000 atau Rp 13,7 juta per kantong.

Baca juga : Ini Dia 5 Jenis Teh Istimewa yang Dijual Jutaan Rupiah!

8. Gyokuro

Mewah! 10 Teh Ini Dikenal dengan Harga Termahal di Dunia (2)Foto: Istimewa
Gyokuro dalam bahasa China berarti perhiasan. Teh ini dipanen dan dujicoba di Jepang lalu diekspor ke berbagai negara di dunia. Keistimewaan teh ini adalah pada proses pengeringannya.

Daun teh yang dipanen tidak diremukkan melainkan hanya dijemur di bawah sinar matahari secara alami. Prosesnya berjalan selama 2 minggu. Cara seperti ini mampu meningkatkan kadar asam amino yang membuat rasa teh menjadi lebih manis dan harum. Harga perkilo teh ini USD 650 atau Rp 8,9 juta.

9. Silver Imperial Tea

Mewah! 10 Teh Ini Dikenal dengan Harga Termahal di Dunia (2)Foto: Istimewa
Teh jenis ini adalah olahan teh semi fermentasi. Jenis teh oolong ini ditemukan di India. Harganya teh ini mahal karena rasa, aroma dan warnanya khas. Proses memanennya juga terbilang unik.

Daun teh dipetik hanya pada malam bulan purnama. Ketersediaan teh ini di pasaran juga sangat terbatas, inilah yang membuat harganya relatif tinggi. Perkilogramnya dibanderol dengan harga USD 400 atau Rp 5,5 juta.

10. Tienchi flower

Mewah! 10 Teh Ini Dikenal dengan Harga Termahal di Dunia (2)Foto: Istimewa
Teh bunga tienchi secara ilmiah dikenal dengan sebutan Panax Notoginseng yang artinya 'obat untuk semua.' Teh ini dianggap teh paling sehat di dunia. Di China teh ini digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulir dan insomnia.

Minum teh ini secara rutin juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Harga teh ini ada di kisaran USD 170 atau sekitar Rp 2,3 juta per kilogramnya.
(dwa/odi)