Krenyes Renyah Gorengan

Batagor Berbumbu Kacang, Jajanan Murah, Enak dan Bikin Kenyang

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 22 Feb 2018 18:50 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Lapar di jam nanggung? Beli saja batagor. Jajanan asal Bandung ini tak hanya mengenyangkan tapi juga murah meriah. Yuk, coba ngemil!

Dijajakan dengan menggunakan gerobak, batagor yang hangat memang paling enak jadi camilan di sore hari. Batagor dibuat dengan campuran tepung tapioka, telur, tepung terigu, ikan tenggiri, garam, bawang putih, daun bawang hingga lada. Namun, terkadang ada juga beberapa penjual batagor yang tidak menggunakan ikan tenggiri.

Batagor Berbumbu Kacang, Jajanan Murah, Enak dan Bikin KenyangFoto: dok. detikFood

Baca juga: Batagor dan Siomay, Jajanan Murah a la Kaki Lima

Adonannya berwarna putih kemudian diisi ke dalam kulit pangsit dan digoreng dengan minyak panas. Isian adonan batagor ditaruh dalam lembaran kulit pangsit dana digoreng hingga kecokelatan.

Batagor Berbumbu Kacang, Jajanan Murah, Enak dan Bikin KenyangFoto: dok. detikFood

Selain batagor, sang penjual juga biasanya melengkapi dagangannya dengan siomay untuk pilihan yang lebih bervariasi. Harga batagor ataupun siomay dibandrol dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per porsinya.

Disajikan dengan lumuran saus bumbu kacang, kecap dan juga sambal. Selain rasa dari batagornya, enak atau tidaknya jajanan ini bisa dilihat dari rasa saus bumbu kacangnya. Gimana, mau coba?

(adr/odi)