Krenyes Gurih Gorengan

Ini Teknik 'Deep Frying' yang Bikin Garing Renyah Sekaligus Gurih

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 20 Feb 2018 18:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teknik menggoreng yang benar sangat pengaruhi rasa gorengan. Seperti teknik 'deep frying' yang merendam bahan makanan hingga kering matang.

Deep fyring merupakan teknik menggoreng dengan banyak minyak. Sehingga makanan terendam sepenuhnya dalam minyak panas. Meski bisa dilakukan di wajan biasa,'deep frying'biasanya dilakukan dengan alat bernama'deep fryer'. Alat ini berbentuk segi empat dengan saringan dan termometer minyak.

Banyak makanan yang dimasak dengan teknik ini. Seperti donat, kentang goreng, dan gorengan lainnya. Seorang chef sekaligus pemilik ChipShop di Brooklyn, New York, bernama Chris Sell menyebutkan hal-hal ini penting diperhatikan saat menggoreng 'deep frying'.

1. Penggunaan jenis minyak

Ini Teknik 'Deep Frying' yang Bikin Garing Renyah Sekaligus GurihFoto: iStock
Pilih minyak yang tepat. Anda mungkin ingin hidup sehat dengan menggunakan extra virgin olive oil. Jenis minyak ini sangat tidak dianjurkan. Karena minyak ini punya smoke point rendah dan punya rasa yang khas.

Lebih baik menggoreng dengan minyak sayur. Karena punya titik smoke point tinggi, rasa lebih netral, dan ekonomis. Selain itu, minyak sayur juga bisa dipakai beberapa kali. Saat ingin dipakai kembali, saring dulu minyaknya. Karena minyak yang kotor mempengaruhi rasa makanan.

Baca Juga: Jangan Memakai Extra Virgin olive Oil Untuk Memasak

2. Alat memasak

Ini Teknik 'Deep Frying' yang Bikin Garing Renyah Sekaligus GurihFoto: iStock
Deep fryer yang ideal punya keranjang peniris dan pengatur suhu. Hal ini memudahkan Anda untuk menggoreng makanan. Tapi, tidak masalah jika Anda tidak punya alat ini.

Anda bisa menggunakan penggorengan yang besar dan dalam atau panci sup yang besar. Lalu isi setengah volume penggorengan dengan minyak. Jangan mengisi terlalu penuh karena cipratan minyaknya bisa mengenai tangan.

Untuk mengukur suhu minyak, Anda bisa menggunakan termometer digital.

3. Bumbui tepung

Ini Teknik 'Deep Frying' yang Bikin Garing Renyah Sekaligus GurihFoto: Istock
Agar rasa gorengan gurih, sebaiknya tepung dibumbui terlebih dahulu. Untuk gorengan dengan rasa gurih, campur tepung dengan garam atau dengan rempah-rempah lainnya. Sedangkan untuk gorengan dengan rasa manis, campur tepung dengan gula, cokelat, dan bahan manis lainnya serta sedikit garam.

Membalut bahan makanan dengan tepung adalah langkah awal untuk menciptakan gorengan renyah dengan teknik 'deep frying'.

4. Buat adonan yang lezat

Ini Teknik 'Deep Frying' yang Bikin Garing Renyah Sekaligus GurihFoto: iStock
Adonan yang lezat bisa didapat dari pencampuran air, tepung, bumbu, dan berbagai bahan makanan yang menjadi isiannya.

Tips untuk mendapat rasa gorengan yang lezat ada pada kesegaran tepung. Jangan pernah menggunakan tepung yang sudah bau apek. Jika perlu saring tepung lebih dahulu.

Hal yang perlu dicatatat ialah adonan yang telah dibuat, hanya bertahan selama empat jam.

6. Jangan goreng terlalu banyak

Ini Teknik 'Deep Frying' yang Bikin Garing Renyah Sekaligus GurihFoto: iStock
Suhu minyak akan turun jika Anda memasukkan banyak bahan ke dalam penggorengan. Hal ini menyebabkan gorengan tidak matang sempurna. Selain itu, Anda juga harus menyisihkan tempat agar gorengan yang dimasak bisa mudah dibalik.

7. Agar tak berminyak

Gorengan yang terlalu berminyak ternyata dikarenakan salah dalam proses penggorengan. Suhu minyak yang rendah jadi sebabnya.

Suhu yang tinggi justru bisa memisahkan adonan dan minyak. Jadi saat suhu minyaknya turun, adonan akan menyerap minyak sehingga tidak akan renyah.

8. Perhatikan minyak bekas menggoreng

Ini Teknik 'Deep Frying' yang Bikin Garing Renyah Sekaligus GurihFoto: Getty Images
Minyak goreng bekas bisa Anda pakai lagi. Caranya, dengan menyaring minyak yang sudah dingin. Kain katun tipis bisa digunakan untuk menyaring minyak.
Atau gunakan panci khusus yang dilengkapi saringan untuk menyaring minyak.

Minyak harus disimpan di tempat yang gelap dan sejuk. Selain itu, jangan membuang minyak ke dalam wastafel. Minyak goreng bekas wajib dibuang dengan sampah rumah tangga lainnya.

Baca Juga: Apa Bedanya Stir Frying Pan dan Deep Frying (dwa/odi)