Ini 9 Kebiasaan Buruk Saat Makan di Restoran yang Sebaiknya Dihindari

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 20 Feb 2018 14:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Etiket makan memang sangat penting. Tetapi perilaku sopan saat makan bersama di restoran juga tak kalah penting.

Perilaku saat makan, mencerminkan kepribadian Anda. Meskipun tidak diberitahukan secara tertulis, beberapa hal buruk saat makan yang dilansir msn (17/2) ini perlu dihindari.

1. Mencelupkan sendok cicip

Memasukkan sendok yang sudah digunakan untuk mencicip ke dalam sajian yang akan dimakan bersama. Kebiasaan buruk yang satu ini sering dilakukan banyak orang. Namun sebaiknya dihindari. Karena banyak orang yang tidak ingin berbagi air liur.

Kebiasaan buruk ini juga wajib dihindari oleh chef. Jangan pernah menggunakan sendok yang sama saat mencicip hidangan yang dimasak.

2. Menyentuh makanan

Ini 9 Kebiasaan Buruk Saat Makan di Restoran yang Sebaiknya DihindariFoto: thinkstock
Jangan pernah menyentuh makanan jika tidak berniat memakannya. Lebih baik melihatnya saja daripada menyentuhnya. Ajari anak Anda soal hal ini. Karena biasanya anak-anak sering melakukan ini. Padahal Anda tidak pernah tahu apa saja yang sudah disentuh oleh tangannya sebelum menyentuh makanan.

3. Hanya makan bagian enak

Saat makan bersama, jangan memikirkan diri sendiri! Jangan hanya mengambil bagian yang paling enak di sebuah hidangan saja. Bisa jadi, bagian itu juga disukai teman Anda. Jadi sebaiknya jangan egois saat makan bersama.

4. Menambah bumbu

Jangan langsung menambah garam sebelum mencoba rasa hidangan. Selain itu, jangan menambahkan saus, kecap, atau apa pun yang Anda suka pada sajian yang ingin dimakan bersama. Karena selera tiap orang berbeda-beda.

5. Bersuara saat mengunyah

Ini 9 Kebiasaan Buruk Saat Makan di Restoran yang Sebaiknya DihindariFoto: Getty Images
Saat mengunyah, sebaiknya jangan bersuara. Alias mengeluarkan suara mengecap makanan yang keras. karena itu kurang sopan.

6. Membuat suara mengganggu di restoran

Jangan mengeluarkan ingus atau pun bersin dengan suara yang keras. Sebaiknya Anda buang ingus di toilet. Karena suara ini sangat mengganggu orang lain. Bahkan mempengaruhi selera makan sebagian orang.

7. Menelpon saat makan

Hal ini sangat mengganggu. Apalagi saat sedang makan di restoran. Orang lain tidak ingin tahu siapa yang Anda ajak bicara dan apa yang Anda bicarakan di telpon. Jika mendapat telpon penting, sebaiknya Anda lakukan di lobby atau di luar restoran.

8. Bicara kasar pada pelayan

Ini 9 Kebiasaan Buruk Saat Makan di Restoran yang Sebaiknya DihindariFoto: Istimewa
Anda tidak bisa bertindak semena-mena walau tugas mereka memang melayani Anda. Jangan menghardik pelayan jika hidangan yang Anda pesan belum tersaji. Semuanya bisa dibicarakan dengan baik.

9. Jangan menyisakan makanan

Beberapa orang kadang hanya ingin mencicipi cupcake ulang tahun dengan memakan setengah potong. Lalu membiarkan setengah potong lainnya. Hal ini sebenarnya tidak sopan. Karena memberi makanan sisa pada orang lain.

Baca Juga: Tata Cara Makan di 10 Negara Ini Wajib Diketahui Oleh Traveller (2) (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com