Krenyes Renyah Gorengan

Dari Abad Pertengahan Hingga Kini Tetap Jadi Camilan Favorit Dunia

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 19 Feb 2018 14:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Siapa yang tak suka gorengan? Makanan dengan rasa renyah gurih ini dikenal di seluruh dunia. Bahkan sejak abad pertengahan.

Ragam bahan makanan yang digoreng dengan teknik 'deep frying' dikenal di seluruh dunia. Mulai dari churros dari Spanyol, tempura di Jepang hingga donat di Amerika.

Menurut catatan sejarah, makanan dari adonan tepung dengan isian sudah dikenal sejak abad pertengahan di Eropa. Tempura yang terkenal di Jepang konon diperkenalkan oleh bangsa Spanyol.

Dari Abad Pertengahan Hingga Kini Tetap Jadi Camilan Favorit DuniaFoto: iStock
Karena dimatangkan dengan minyak nabati yang panas, tentu menghasilkan tekstur yang kering renyah. Rasa gurih inilah yang disukai banyak orang. Apapun bentuknya.

Gorengan sendiri merupakan sebutan untuk camilan yang digoreng. Buah, sayur, aneka umbi-umbian hingga olahan kedelai biasa dijadikan bahan utama dalam pembuatan gorengan.

Baca Juga: https: Yuk, Cicip 5 Pisang Goreng Kekinian yang Renyah dengan Beragam Topping Manis

Dari Abad Pertengahan Hingga Kini Tetap Jadi Camilan Favorit DuniaFoto: detikFood
Buah yang dipakai beragam. Seperti pisang dan nangka. Sayuran biasa dijadikan bakwan dan isian risoles. Walau hanya menggoreng campuran wortel, kol, daun bawang, tepung terigu dan penyedap rasa. Gorengan berbahan dasar olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga paling disukai.

Demi memenuhi selera masyarakat soal makanan serba digoreng, kini banyak kreasi gorengan yang punya bentuk dan rasa unik. Seperti pisang nugget, tahu bulat, bola-bola ubi, tahu jeletot, dan lainnya.

Dari Abad Pertengahan Hingga Kini Tetap Jadi Camilan Favorit DuniaFoto: iStock
Di Indonesia, gorengan termasuk yang paling favorit karena rasanya renyah gurih dan harganya murah. Ditambah lagi jajanan ini dijual di pinggir jalan yang mudah dijangkau dengan harga murah.

Dalam ulasan khusus kali ini, detikFood akan membahas tuntas soal gorengan. Mulai dari jenis-jenis gorengan tradisional hingga yang kekinian. Termasuk teknik menggoreng dan nutrisi gorengan. Pantau terus detikfood ya!

Baca Juga: Bola-bola Ubi Kopong Jajanan Ndeso yang Mendadak Hits (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com