Beragam Makanan Lezat Disajikan Korea Selatan untuk Atlet di Olimpiade PyeongChang

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 16 Feb 2018 16:10 WIB
Foto: Koki Nagahama/Getty Images
Jakarta - Olimpiade Musim Dingin PyeongChang bisa dijadikan tempat berpetualang kuliner para atlet. Karena banyak makanan yang disajikan di sana!

Sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini, Korea Selatan, sepertinya tidak main-main dalam mempersiapkan segala kebutuhan atlet. Salah satunya kebutuhan perut alias makanan. Ternyata, aula makan Olimpiade ini dipenuhi beragam makanan lezat!

Di sana, sebanyak 6000 atlet dan 1.700 atlet paralimpik, pelatih,dan lainnya bisa memilih makanan yang mereka mau selama 24 jam nonstop. Menu yang tersaji sudah diuji di lembaga penelitian swasta dan ahli gizi.

Akan ada lima juta porsi makanan yang tersaji di 13 arena di Olimpiade ini lapor Food & Wine (14/2). Seperti di Olympic Village, Press Center, Olympic Plaza, dan lainnya.

Makanan sebanyak itu dimasak oleh 180 koki. Termasuk koki makanan halal. Dari mulai hidangan untuk sarapan hingga camilan tengah malam.

Minggu lalu, Olimpiade Musim Dingin 2018 telah resmi dimulai. Olimpiade ini diadakan dari tanggal 9 - 25 Februari mendatang. Dalam seminggu, sudah 7000 makanan yang tersaji untuk para atlet.

PyeongChang Food and Beverage Team menyiapkan buku menu yang berisi 18 lembar pilihan menu dengan beragam kategori. Dari mulai hidangan khas Korea, Asia, Western hingga hidangan halal. Untuk vegetarian juga disediakan hidangan vegan non gluten.

Beragam Makanan Lezat Disajikan Korea Selatan untuk Altet di Olimpiade PyeongChangFoto: iStock
Semua sajian tadi disajikan secara prasmanan dalam enam kategori. Salad, Italian, Asian, World, Korean, dan Halal. Sebanyak 20 jenis sayuran juga dihidangkan secara prasmanan. Dari mulai sayur mentah segar, kukus, tumis, bumbu hingga panggang.

Atlet yang gemar makan bubur juga bisa memilih beragam jenis bubur. Dari mulai bubur labu, daging sapi, kerang, dan bubur congee. Sajian supnya juga tak kalah beragam. Ada sup miso, kepiting, miju-miju, rumput laut, buncis bayam, pollack kering, sup tulang hingga iga sapi dan sup tahu yang disajikan dengan bola ikan.

Beragam Makanan Lezat Disajikan Korea Selatan untuk Altet di Olimpiade PyeongChangFoto: iStock
Sajian utamanya antara lain, halibut panggang, dada kalkun panggang, seabass panggang, bebek asap, salmon panggang, paha ayam bakar dan nila panggang. Sajian Koreanya meliputi gimbap, japchae, barbeque Korea, bibimbap dan kimchi.

Tidak hanya itu, ada sembilan jenis roti, enam jenis telur serta stan pizza, dan pasta. Para atlet juga bisa memilih tujuh jenis keju yang ingin dimakan. Dari mulai keju edam, swiss, camambert, feta, cheddar, bocconcini hingga grana padano.

Untuk pencuci mulut, ada 13 jenis buah yang bebas dipilih.

Membayangkannya saja sudah buat bingung ingin makan yang mana. Bagaimanan dengan atlet di sana, ya? Yang jelas, para atlet bisa berpetualang dengan beragam kuliner dunia di sana.

Baca Juga: Ini Dia Santapan Lezat Atlet Dunia di Olimpiade PyeongChang

(dwa/odi)