Keren! Craft Beer Ini Diterbangkan ke Angkasa Hanya Dengan Balon!

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 14 Feb 2018 19:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pergi keluar angkasa terlihat sulit. Tapi tidak dengan dua botol craft beer ini. Dua botol tersebut bisa ke luar angkasa hanya dengan balon! Kok bisa?

Craft beer merupakan bir yang dibuat dengan bahan alami. Cara ini dinilai bisa hasilkan bir dengan cita rasa yang terbaik. Perusahaan craft beer sekaligus bar asal Portland, Amerika, bernama BridgePort Brewing membuat sebuah eksperimen unik.

Pada 12 Februari lalu, perusahaan bir ini mengunggah video yang berjudul 'BridgePort Brewing Sends Original IPA to Space'. Videonya direkam pada tanggal 25 Januari 2018.

Sesuai judulnya, video tersebut berisi cara menerbangkan kotak pendingin kecil yang berisi dua buah bir ke luar angkasa. Hal yang paling menarik adalah proses penerbangannya. Tidak menggunakan jet maupun pesawat, tapi menggunakan balon!

Cara sederhana ini ternyata dapat bekerja dengan baik. Pasalnya, kotak pendingin tersebut bisa melewati lapisan atmosfer bumi sejauh 35 kilometer. Dengan kata lain sudah masuk dalam lapisan kedua bumi bernama stratosfer.

Baca Juga: Stark Craft, Beer Pertama di Indonesia dengan 6 Varian Rasa Unik

Awalnya, kotak pendingin es dilapisi kertas alumunium foil. Lalu dua botol Original IPA dimasukan ke dalamnya, setelah keduanya di masukan ke dalam botol alumunium. Kemudian satu botol bir lain ditempel di bagian atas kotak dalam kondisi berdiri.

Kotak tersebut kemudian diikat dengan tali yang menyambung dengan balon karet besar berwarna kuning. Lalu balon karet tadi diisi dengan gas nitrogen supaya bisa terbang.

Setelah dilepaskan ke udara, balonnya menerbangkan kotak tadi. Kotaknya sudah dilengkapi dengan beberapa kamera dan alat pelacak. Sehingga staf BridgePort Brewing bisa memantau di mana kotak tersebut jatuh kembali ke bumi.

Percobaan ini bisa dibilang berjalan dengan baik. Karena saat ditemukan di lokasi terjatuhnya, bir yang ada di dalam kotak masih utuh dan bisa diminum.

Hal ini dilakukan untuk merayakan ulang tahun bar BridgePort di Portland. Usianya sesuai dengan angka ketinggian kotak itu terbang ke angkasa. Ya, 22 tahun!

(dwa/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat