Gara-gara Salah Terjemahan, Chef Ini Kaget Dapat Kiriman 15.000 Telur

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Feb 2018 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sajikan makanan untuk para atlet yang bertanding di Pyeongchang, Korsel, chef asal Norwegia kewalahan. Pasalnya, ia salah menerjemahkan pesanan. Kok bisa?

Chef tim Olimpiade asal Norwegia secara tidak sengaja menulis tambahan 13.500 telur karena kesalahan di Google Translate. Chef Norwegia, Stale Johansen bermaksud memesan 1.500 butir telur untuk menyajikan makanan atlet dari negaranya di Pyeongchang Games. Namun, pekan lalu ia dikagetkan dengan kiriman 15.000 butir telur yang muncul di dapurnya.

Baca juga: Sudah Dilarang, Resto di Korsel Masih Jual Daging Anjing Saat Olimpiade

Gara-gara Salah Terjemahan, Chef Ini Kaget Dapat Kiriman 15.000 TelurFoto: Istimewa

"Telur yang datang ini adalah kesalah pahaman dan sangat berlebih dari apa yang kami butuhkan. Jadi ini ada tambahan nol pada pesanan. Seharusnya 1.500 jadi 15.000," kata Norwegian Chef de mission Tore Ovrebo.

Korea Selatan memiliki sistem numerik yang sangat rumit, dengan sistem perhitungan berbeda untuk tujuan yang berbeda. Satu perubahan suku kata sederhana bisa dengan mudah menyebabkan terjadinya percampuran makna. Untungnya para chef bisa mengembalikan kelebihan telur yang dipesan yaitu 13.500 kepada supllier.

Gara-gara Salah Terjemahan, Chef Ini Kaget Dapat Kiriman 15.000 TelurFoto: iStock

Tadinya 1.500 telur yang dipesan ini akan dibuat beberapa sajian enak seperti omelettes, salad telur, telur rebus dan juga deviled egg.

"Tantangan terbesar adalah kami akan menyajikan makanan hampir 24 jam sehari," kata chef Johansen dalam Fox News (09/02). (lus/odi)