Ini Dia Menu Andalan Kedai Nasi Pauh Piaman yang Dikunjungi Jokowi Tadi Siang

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Feb 2018 18:40 WIB
Foto: detikTravel Foto: detikTravel
Jakarta - Berkunjung ke Sumatera Barat, Presiden Jokowi makan siang di Kedai Nasi Pauh Piaman. Jokowi bersama para ulama pun menikmati sajian khas Minang di sini.

Padang, ibukota Sumatera Barat terkenal dengan makanan pedas dan bersantan khas Minang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai melakukan shalat Jum'at di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang mengajak para ulama Sumatra Barat untuk makan siang. Kali ini, Jokowi singgah di salah satu kedai nasi yang populer dan sudah terkenal kelezatannya di Sumatera Barat.

Baca juga: Usai Salat Jumat, Jokowi Ajak Ulama Sumbar Makan Siang Bersama

 Ini Dia Menu Andalan Kedai Nasi Pauh Piaman yang Dikunjungi Jokowi Tadi SiangFoto: Presiden Jokowi dan para ulama Sumatra Barat (Ray Jordan/detikcom)

Rumah makan ini terletak di Jalan Khatib Sulaiman No. 63, Lolong Belanti, Kota Padang. Memiliki slogan The Most Excellent Taste of "Gulai Ikan", tentu saja kalau berkunjung ke sini Anda perlu menikmati menu yang satu ini.

Cara penyajian menunya hampir sama dengan rumah makan Minang pada umumnya. Lauk-pauk disajikan dalam banyak piring bertumpuk dan sekaligus dihidangkan. Penyajian khas Minang ini menjadi ciri khas rumah makan Minang.

Ada banyak sajian yang disuguhkan. Salah satunya adalah gulai kepada ikan, dendeng, gulai telur, ayam gulai, ikan pangek padeh, kalio daging hingga gulai jengkol.

Ini sajian menu yang ada di Kedai Nasi Pauh Piaman.Ini sajian menu yang ada di Kedai Nasi Pauh Piaman. Foto: detikTravel

Gulai kepala ikan adalah gulai masin. Kuah gulainya berwarna kuning kecokelatan dan kental. Dimasak meresap ke dalam kepala ikan yang ukurannya hampir sebesar piring hidang. Tekstur daging ikannya lembut dengan bumbu gurih pekat yang meresap. Tidak ada aroma amis karena ada asam sunti yang ditambahkan dalam gulai.

Karenanya tak heran menu yang satu ini jadi primadona. Hampir setiap tamu menikmati sajian ini. Jangan lupa santap dengan nasi hangat-hangat. Lamak bana!

Selain ada di kota asalnya, Padang, Kedai Nasi Pauh Piaman juga memiliki cabang di Jakarta. Tepatnya di jalan Batu Ceper Raya No. 17, Harmoni, Jakarta Pusat. Mau coba? (lus/odi)