Krenyes Renyah Gurih Tahu Pong Khas Indramayu

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 01 Feb 2018 13:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Selain tahu Sumedang, tahu goreng khas Indramayu ini punya rasa gurih dan bertekstur garing. Dan yang paling penting sudah banyak dijual di pinggir jalan!

Tahu pong biasa dijumpai di rumah makan khas Semarang. Tahunya kosong dengan pelengkap gimbal udang plus cocolan sambal rawit petis yang pedas manis.

Tapi tahu pong yang satu ini berbeda. Karena beda daerah, tahu pong khas Indramayu ini berukuran lebih kecil dan garing. Biasanya dimakan langsung atau dengan cabe rawit dan bubuk cabe.

Krenyes Renyah Gurih Tahu Pong Khas IndramayuFoto: dok. detikFood
Tahu pong jenis ini sudah banyak dijajakan di gerobak pinggir jalan. Salah satunya di belakang lapangan SMPN 236 Penggilingan, Jakarta Timur ini.

Pedagang tahu pong ini bernama Iwan. Ia mengaku bisa menjual tiga boks tahu per harinya. Resepnya asli khas Indramayu.

"Resepnya tepung beras, tepung terigu, telur sama penyedap rasa," ujar Iwan.

Krenyes Renyah Gurih Tahu Pong Khas IndramayuFoto: dok. detikFood
Sebelum digoreng, tahunya dipotong dadu dengan ukuran sedang. Kemudian direndam dalam adonan tepung tadi, baru kemudian digoreng. Sebelum tahunya matang sempurna, Iwan menyiram tahu yang digoreng dengan adonan tepung cair tadi. Agar ada remah-remah garing disekitar tahu.

Satu bungkus tahu pong dijual Iwan sebesar 5000 rupiah. Dengan harga tersebut, Anda bisa membawa pulang 13 buah tahu pong lengkap dengan bumbu pedas dan cabai rawit.

Jika ingin membeli tahu pong milik Iwan, Anda harus datang sore atau malam hari. Karena ia baru membuka dagangannya jam 4 sore.

(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com