​Kalau Tak Doyan ​Kopi, 5 Minuman Berkafein Ini Bisa ​Jadi Pengganti​

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 22 Jan 2018 15:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Walau jadi favorit banyak orang, ternyata ada beberapa orang yang tidak suka kopi. Padahal kafein yang yang ada di kopi bisa menambah energi tubuh.

Sebenarnya bagi Anda yang tidak suka dengan rasa kopi, Anda bisa mendapat asupan kafein dari minuman lain. Dilansir Today (19/1) ada lima bahan minuman berkafein yang bisa tingkatkan energi tubuh selain kopi.

1. Matcha

Kalau Tak Doyan Kopi, 5 Minuman Berkafein Ini Bisa Jadi PenggantiFoto: lip balm
Matcha dibuat dari pucuk daun teh yang diselimuti kain hitam. Setelah dipetik, daun dikukus dalam waktu singkat 10 hingga 30 detik, lalu dikeringkan dan digiling dalam batu granit sehingga menjadi bubuk.

Matcha kaya antioksidan dan bisa jadi penambah energi tubuh. Senyawa L-theanine pada matcha memberikan efek yang sama seperti yang diberikan kafein pada tubuh. Namun tidak menimbulkan rasa gelisah. Jika Anda biasa minum cold brew, Anda bisa menggantinya dengan matcha latte. Menambahkan matcha saat sarapan juga bisa bantu tingkatkan energi.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat? Matcha atau Daun Teh Hijau?

2. Teh Hitam
Kalau Tak Doyan Kopi, 5 Minuman Berkafein Ini Bisa Jadi PenggantiFoto: iStock
Jenis teh yang satu ini masih berasal dari tanaman Camellia Sinensis. Teh ini punya kandungan polifenol yang punya peran sama dengan antioksidan. Senyawa ini bisa cegah oksidasi pada sel dan melawan peradangan.

Rasanya lebih kuat dibanding jenis teh lain. Dalam satu cangkir, teh hitam mengandung 50 mg kafein. Jumlah ini di bawah kopi yang mengandung 95 mg kafein dalam satu cangkir. Jumlah kafein yang dimiliki teh hitam cukup untuk menambah energi harian Anda.

3. Yerba Mate

Yerba mate merupakan minuman tradisional Amerika Selatan. Minuman ini mirip teh karena terbuat dari seduhan daun kering pohon yerba mate. Secangkir yerba mate mengandung kafein sebesar 78 mg.

Walau kandungan kafeinnya hanya sedikit lebih rendah dari kopi, yerba mate bisa jadi minuman penambah energi yang dikonsumsi di pagi hari. Cukup menyesap minuman ini seperti Anda menyesap teh.

4. Teh Hijau

Teh hijau punya kandungan kafein yang lebih rendah dari yerba mate dan kopi. Teh ini bisa jadi alternatif minuman dengan rasa yang lebih ringan dari matcha.

Dengan konsumsi teh hijau, tingkat kenaikan energi tubuh memang lebih sedikit dibanding jika mengonsumsi kopi dan matcha. Karena 2 gram teh hijau mengandung 20-40 mg kafein.

5. Kopi non kafein

Kalau Tak Doyan Kopi, 5 Minuman Berkafein Ini Bisa Jadi PenggantiFoto: Istimewa
Ada jenis kopi berlabel non kafein. Padahal kopi tersebut masih mengandung kafein. Secangkir kopi ini punya sekitar 14 mg kafein. Jumlah ini cukup jadi penambah energi di sore hari.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika kopi berlabel non kafein ini punya manfaat sama seperti kopi biasa. Ini bisa jadi pilihan tepat untuk mengurangi asupan kafein harian Anda. Selain itu, rasa gelisah yang ditimbulkan tidak sebesar kopi biasa.

Baca Juga: Teh Mate Minuman Unik dari Amerika Selatan yang Kaya Antioksidan (dwa/odi)