Ini Dia, Tomat Ceri Terkecil di Dunia Asal Israel!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 10 Jan 2018 15:00 WIB
Foto: Fox News/iStock Foto: Fox News/iStock
Jakarta - Tomat ceri memang memiliki ukuran yang kecil. Namun, perusahaan asal Israel ini ciptakan tomat ceri lebih kecil, bahkan jadi buah tomat terkecil di dunia.

Tomat ceri yang mungil ini diberi nama "drop tomato", buah yang satu ini memiliki ukuran sebesar blueberry. Perusahaan Kedma yang berada di Selatan Gurun Arava ini mengatakan bahwa ini tomat ceri terkecil yang pernah ada di Israel, bahkan mungkin di dunia.

Baca juga: Inilah Tempat Makan Terkecil di Dunia yang Menyajikan Hidangan Lezat! (2)

"Idenya adalah kenyamanan," tutur Ariel Kidron, seorang petani di Kedma.

Ini Dia, Tomat Ceri Terkecil di Dunia Asal Israel!Ini ukuran tomat ceri yang normal. Foto: Fox News/iStock

Dikutip dalam Fox News (09/01), benih ini awalnya dikembangkan di Belanda, kemudian dimodifikasi sesuai dengan kondisi pertumbuhan dan tanah di Israel Selatan. Rami Golan, dari Central and Nothern Arava Research and Development Center yang mendampingi proyek tersebut mengatakan bahwa ini adalah yang terkecil yang pernah tumbuh di Israel. Dan tomat sangat populer di negara ini.

Tomat kecil ini lebih kecil dari mata uang koin Israel. Tomat ini juga memiliki dua macam varietas yaitu merah dan kuning yang nantinya akan dipresentasikan kepada publik dalam pameran pertanian Internasional bulan ini selama tiga hari di Israel.

Perbandingan koin Israel dan tomat ceri terkecil di dunia.Perbandingan koin Israel dan tomat ceri terkecil di dunia. Foto: Fox News/iStock

Shaul Ben Aderet, seorang chef asal Israel terkenal yang memiliki tiga restoran yang termasuk "Blue Rooster" Tel Aviv sudah mendapatkan beberapa sampel. Menurutnya, tomat ceri ini dikemas dengan rasa dan dan bisa diolah dengan beragam sajian unik. Ia membuat tomat ini dengan roti focaccia panggang yang diolah jadi makanan ringan.

"Ini sangat sederhana, bersih, bagus dan seksi," katanya. Dalam tes buta warna yang disandingkan dengan permen menurut Aderet bisa membuat orang yang melihatnya keliru itu adalah permen, sangking kecilnya.

Baca juga: Cokelat Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Lubang Jarum (lus/lus)