Lagi Diet? Catat Waktu Terbaik Makan 10 Jenis Makanan Ini (2)

Devi Setya - detikFood Minggu, 07 Jan 2018 13:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Percuma mengonsumsi makanan yang cocok untuk menu diet jika waktu menyantapnya tidak tepat. Pilih makanan dan jam makan yang pas agar diet berjalan lancar.

Pemilihan makanan dan waktu menyantap makanan sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Jadi pastikan Anda menyantap pilihan makanan yang pas dan waktu makan yang tepat.

6. Ayam
Lagi Diet? Catat Waktu Terbaik Makan 10 Jenis Makanan Ini (2)Foto: iStock
Anda bisa menyantap olahan ayam pedas untuk menu makan siang atau mengolahnya menjadi sup ayam lezat untuk santapan makan malam. Selain itu, varian ayam rebus dengan sayuran hijau bisa jadi alternatif olahan ayam lezat. Cukup bumbui dengan sedikit garam, lada dan minyak zaitun. Santap sebagai menu makan malam.

Ayam mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Selain itu, ayam adalah sumber protein ysng baik untuk tubuh. Pastikan hanya mengonsumsi bagian dada ayam tanpa lemak.

Baca juga : Ini 9 Tips Praktis Pilih Makanan Terbaik dari Berbagai Diet (1)

7. Buah
Lagi Diet? Catat Waktu Terbaik Makan 10 Jenis Makanan Ini (2)Foto: Istimewa
Buah bisa dimakan kapan saja, dari pagi sampai malam. Semuanya tergantung pada jenis buah apa yang Anda makan dan berapa jumlahnya. Sering dikatakan mengkonsumsi buah sesaat setelah segelas air bisa memberi manfaat potensial.

Anda bisa juga menjadikan buah sebagai camilan atau penolong saat lapar tengah malam. Buah segar merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang sehat, yang memuaskan rasa lapar dan membantu penurunan berat badan.

8. Kacang-kacangan
Lagi Diet? Catat Waktu Terbaik Makan 10 Jenis Makanan Ini (2)Foto: iStock

Meskipun ukurannya kecil tapi kacang mengandung banyak energi dan bisa mengurangi rasa lapar. Kacang mengandung lemak yang dalam porsi kecil baik dikonsumsi setiap hari.

Waktu terbaik makan kacang adalah pagi hari saat sarapan. Ini membantu mengendalikan tingkat tekanan darah Anda dan menghilangkan kolesterol jahat. Untuk pagi hari, makanlah kacang almond yang direndam dalam air semalam. Sebagai camilan sore, Anda bisa menyiapkan semangkuk kecil pistachio, kacang mete, dan kacang pinus, yang bisa meningkatkan energi Anda. Anda juga bisa memilih kenari, kurma, dan plum sebelum tidur, karena tinggi akan serat.

Baca juga : Mau Turunkan Berat Badan? Konsumsi Saja 10 Makanan Enak dan Sehat Ini (1)

9. Susu
Lagi Diet? Catat Waktu Terbaik Makan 10 Jenis Makanan Ini (2)Foto: iStock
Susu adalah sumber kalsium, vitamin A, K dan B12, potasium, natrium, dan fosfor yang baik untuk tubuh. Waktu paling tepat minum susu yakni pagi hari karena bisa menjadi sumber energi pertama.

Saat malam hari juga bisa mengonsumsi susu sebelum tidur. Susu memiliki sifat yang bisa membuat relaks tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak.

10. Telur
Lagi Diet? Catat Waktu Terbaik Makan 10 Jenis Makanan Ini (2)Foto: Istimewa
Makanan yang satu ini layak disebut sebagai salah satu makanan yang paling lezat dan sehat. Diolah dengan cara direbus, digoreng, atau diolah dengan bumbu kari, semuanya terasa lezat.

Waktu paling baik untuk menyantap telur adalah saat sarapan. Tapi sebaiknya Anda menghindari telur di menu makan malam. Telur bisa menyebabkan perut kembung saat dikonsumsi malam hari. (dwa/odi)