Ini Dia 7 Cara ​Alami ​​B​ersihkan Dapur dengan ​Jeruk ​Lemon!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 06 Jan 2018 12:25 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mumpung libur, sebaiknya bersihkan dapur. Selain menggunakan bahan kimia, lemon juga bisa dimanfaatkan untuk bersihkan dapur. Bagaimana ya caranya?

Lemon menjadi salah satu buah yang asam dan tinggi akan vitamin C. Selain bisa membantu turunkan berat badan, lemon juga digunakan sebagai pembersih dapur yang efektif.

Daripada memakai pembersih kimia, coba manfaatkan khasiat jeruk lemon.

Baca juga: Lemon dan Garam Bisa Bersihkan Lantai Hingga Peralatan Dapur (1)

1. Wastafel
 Ini Dia 7 Cara Alami Bersihkan Dapur dengan Jeruk Lemon!Foto: Thinkstock

Wastafel yang digunakan sebagai tempat membersihkan piring mengandung banyak kuman dan bakteri. Apalagi sisa-sisa makanan timbulkan kerak di sela-selanya.

Untuk membersihkannya, Anda bisa mencampurkan jus lemon dan garam sampai tercampur rata. Terapkan racikan ini untuk perlatan berbahan kuningan, tembaga atau stainless steel. Gosok dengan lembut lalu bilas dengan air.

2. Hilangkan bau tak sedap
Ketika makanan yang sudah lama berada di tempat sampah terlalu lama, mereka akan mengeluarkan bau. Bau bawang hingga ikan yang dibuang akan tercium menyengat menempel di baju.

Walaupun sampah sudah dibuang, aroma di ruangan tentu tak langsung hilang. Untuk menghilangkan bau, Anda bisa membuat semprotan alami dengan memotong lemon, menggiling dan menambahkan air. Dan semprotkan ke ruang dapur.

3. Mencuci piring
 Ini Dia 7 Cara Alami Bersihkan Dapur dengan Jeruk Lemon!Foto: Thinkstock

Daripada mencuci dengan bahan kimia, alternatifnya adalah mengiris lemon dan memeras airnya. Gosokkan kulit lemon pada piring untuk menghilangkan aroma tak sedap. Cara ini bisa digunakan jika Anda ingin mengurangi penggunaan sabun cuci.

4. Bersihkan kompor dan oven
 Ini Dia 7 Cara Alami Bersihkan Dapur dengan Jeruk Lemon!Foto: Ilustrasi/thinkstock

Membersihkan oven memang agak sulit, karena di dalamnya sering ada tumpahan adonan kue. Untuk membersihkannya, Anda dapat membuat pasta dengan mencampurkan lemon, air dan baking soda.

Kemudian oleskan pada area yang kotor dan diamkan selama 15 menit. Gosok dan bilas dengan air dan spons.

5. Bersihkan jendela
Jendela sering kali jadi tempat sarang laba-laba. Jika terdapat jendela di dapur, ini juga bisa terkena cipratan minyak atau kotoran lain.

Untuk menghilangkan nodanya, Anda bisa melarutkan 2 sendok makan jus lemon, 1/2 cangkir cuka putih dan 1 liter air hangat dan menggosok bagian yang kotor.

6. Hilangkan bau amis
 Ini Dia 7 Cara Alami Bersihkan Dapur dengan Jeruk Lemon!Foto: iStock
Karena sifatnya yang menyegarkan, Anda bisa menambahkan beberapa potong kulit lemon dan 1 sdt cengkeh utuh dan daun rosemary. Didihkan hingga aromanya mrbar hampir ke setiap ruangan rumah Anda.

Ini dapat digunakan setelah Anda meracik ikan atau bahan-bahan yang memiliki aroma tajam atau amis.

7. Bersihkan lantai
Lemon menjadi bahan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan lantai. Peras jeruk nipis atau lemon di lantai dan lap dengan kain basah.

Diamkan 10 menit, setelah itu pel lantai dengan campuran air dan larutan garam. Cara ini sangat aman dilakukan jika Anda memiliki anak kecil yang senang merangkak dan bermain di lantai.

Baca juga: Bersihkan Peralatan Dapur dengan Lemon, Soda Kue dan Cuka (1) (dvs/odi)