Mulia! Vending Machine Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Tuna Wisma

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Jan 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Vending machine biasanya menjual makanan dan minuman praktis. Tapi yang ini berbeda karena justru membagikan makanan dan minuman gratis untuk tuna wisma.

Berwarna oranye dengan tulisan Action Hunger, vending machine di pintu masuk sebuah pusat perbelanjaan di Nottingham, Inggris ini begitu istimewa. Pasalnya isian vending machine gratis untuk para tuna wisma.

Mulia! Vending Machine Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Tuna WismaFoto: Istimewa
Ada buah, sandwich dan energy bars yang bisa mengisi perut mereka. Tak hanya itu, vending machine Action Hunger juga sediakan kaos kaki dan sikat gigi bersih, juga aneka kebutuhan dasar lainnya.

Para tuna wisma hanya perlu menggunakan kartu khusus untuk mengakses barang-barang ini. "Ada kebutuhan kritis untuk akses terhadap makanan dan pakaian di luar kapasitas yang bisa ditawarkan tempat penampungan," ujar Huzaifah Khaled dari Action Hunger pada Fast Company (5/1).

Baca Juga: Unik! Fotografer Ini Abadikan Potret Vending Machine yang Tertutup Salju

Ide pembuatan vending machine diakui Khaled berawal dari keterbatasan fasilitas tempat penampungan (shelter). "Mereka (tuna wisma) harus rutin ke tempat penampungan, yang mana sulit dilakukan jika mereka sambil bekerja tetap atau mengunjungi keluarga secara rutin. Dengan vending machine, akses pada barang kebutuhan bisa terjangkau 24 jam/7 hari. Dan benar-benar gratis," tutur Khaled.

Dalam hal pengurusan kartu, Action Hunger bekerja sama dengan organisasi tuna wisma. Di Nottingham ada The Friary sebagai rekan Action Hunger. Kartu ini memungkinkan tuna wisma mengakses vending machine. Tetapi tiap minggu mereka harus melapor ke organisasi rekanan Action Hunger itu agar kartunya tetap berfungsi.

Mulia! Vending Machine Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Tuna WismaFoto: Istimewa
Khaled berharap kehadiran vending machine bisa melengkapi layanan lain yang sudah lebih dulu ada. Ia yakin bekerja sama dengan badan lokal juga jadi kunci mengakhiri siklus tuna wisma.

Khaled memulai proyek Action Hunger saat menjadi mahasiwa doktoral di University of Cambridge. Tiap bepergian menggunakan kereta dari rumahnya di Notthingham ia berpikir tentang para tuna wisma.

"Saya selalu berhenti untuk ngobrol dengan tuna wisma, kadang dengan kopi dan makanan di tangan. Saya mencoba memahami kebutuhan mereka, dan mempelajari bahwa untuk mengakses kebutuhan dasar seperti makanan dan air ternyata sporadis dan tidak praktis. Harus ada cara lebih efektif untuk mengatasinya," ujar Khaled.

Baca Juga: Vending Machine Ini Jual Beras, Kepiting Sampai Kaviar Rp 6 Juta!

Setelah belasan kali mengirim surat pada perusahaan vending machine, salah satu perusahaan, N&W Global akhirnya mendonasikan vending machine yang mulai dipasang Desember 2017. Ada juga seorang pengusaha yang mendonasikan 100 vending machine.

Mulia! Vending Machine Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Tuna WismaFoto: Istimewa
Sementara untuk pengisian kembali makanan dan barang lain di vending machine dilakukan oleh relawan. Bekerja sama dengan UberEats, Action Hunger kini juga bisa meminta pengisian kembali barang vending machine lewat UberEats.

Rencananya Action Hunger akan memperluas jaringannya di Amerika Serikat. Sebuah vending machine akan dipasang di New York City pada Februari, diikuti di San Francisco, Seattle, dan Los Angeles. (dwa/adr)