Dari Dulu Nasi Melulu? 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya Lho!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Jan 2018 17:32 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Nasi putih memang jadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Tapi, kalau bosan, Anda bisa kok menggantinya dengan beberapa bahan lain. Apa saja?

Karbohidrat tidak hanya bersumber dari nasi saja. Anda bisa memilih roti, biskuit, umbi-umbian dan bahkan mie. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah porsinya. Jika berlebihan tentu sama saja bisa berdampak pada kelebihan berat badan.

Jika ingin mengganti nasi dengan makanan lain. Anda bisa memilih salah satu jenis makanan yang kandungan gizinya setara dengan 1 centong nasi atau 100 gram.

Baca juga: Agar Tetap Sehat, Lebih Baik Kurangi Asupan Karbohidrat daripada Lemak, Ini Alasannya

1. Roti
Dari Dulu Nasi Melulu? 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya Lho!Foto: Ilustrasi/thinkstock
Roti jadi salah satu menu yang sering disajikan saat sarapan. Agar ukuran porsinya sama dengan nasi, sebaiknya konsumsi 3 lembar roti tawar. Lebih baik pilih roti tawar gandum yang tinggi serat. Karena sudah ada karbohidrat, Anda juga bisa mencampurkan beragam sayuran seperti selada, tomat dan mentimun. Serta beberapa potong daging ayam atau telur.

Sajian sandwich sangat praktis dan juga bisa jadi pilihan sarapan atau bekal sehat di kantor.

2. Biskuit
Dari Dulu Nasi Melulu? 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya Lho!Foto: iStock
Saat sedang tak nafsu makan, Anda juga bisa memilih biskuit sebagai pengganti nasi. 4 keping biskuit setara dengan 1 centong atau 100 gram nasi. Akan tetapi untuk melengkapi nutrisinya, sebaiknya konsumsi juga buah-buahan dan segelas susu yang mengandung tinggi protein dan kalsium.

3. Ubi
Dari Dulu Nasi Melulu? 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya Lho!Foto: Istimewa
Ubi jadi salah satu umbi-umbian dengan rasa manis yang bisa jadi pengganti nasi. Sama-sama mengandung karbohidrat, ubi lebih unggul dalam hal serat. 1 buah ubi ungu ataupun oranye dengan berat 135 gram bisa jadi pengganti nasi. Tinggal disandingkan dengan aneka lauk berprotein yang sehat bisa jadi menu harian Anda.

4. Kentang
Dari Dulu Nasi Melulu? 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya Lho!Foto: iStock
Selain ubi, kentang juga bisa jadi pengganti nasi. Kentang lebih umum dijadikan sebagai pengganti nasi, 2 buah kentang dengan berat sekitar 210 gram bisa dipilih jadi sajian karbohidrat sekali makan. Ditambah sayur dan lauk, sudah pasti bisa membuat Anda kenyang.

5. Mie kering
Dari Dulu Nasi Melulu? 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya Lho!Foto: Istimewa

3/4 mie kering atau 50 gram mie kering sama saja dengan Anda mengonsumsi 1 centong nasi. Mie ini bisa diolah dengan cara direbus atau digoreng. Jangan lupa tambakan sayuran, telur atau suwiran ayam.

6. Donat
Dari Dulu Nasi Melulu? 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penggantinya Lho!Foto: iStock/Detikfood
Siapa sangka, satu buah donat dengan topping cokelat dan diolah dengan cara digoreng ternyata tinggi kalori. Anda harus berhati-hati jika konsumsi donat. Cukup 1 buah donat ternyata sudah mewakili porsi 1 centong nasi Anda. Untuk itu, selalu konsumsi sayur dan buah untuk menambah serat, vitamin dan juga mineral harian Anda.

Baca juga: Mau Ganti Nasi Putih dengan Ubi dan Singkong? Ini Aturan Porsi yang Benar Menurut Ahli Nutrisi (dvs/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com