Ini Cara Memasak Nasi Gaya Chef Restoran

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 03 Jan 2018 07:25 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mungkin Anda sering merasakan nasi yang disajikan di restoran lebih pulen enak. Dibandingkan nasi yang ditanak di rumah.

Tak semua orang bisa menanak nasi meskipun terlihat gampang. Meski sudah mengikuti petunjuk pada kemasan beras bisa saja nasi terlalu lembek bahkan nyaris jadi bubur. Atau nasi terlalu pera bahkan keras tengahnya.

Nasi bisa ditanak dengan cara diaron atau dimasak dengan sedikit air hingga setengah matang lalu dikukus. Atau yang paling gampang pakai rice cooker. Berikut ini adalah beberapa cara memasak nasi tanpa rice cooker seperti dilansir Food Envy (11/17).

Teknik memasak tergantung pada jenis berasnya, apakah sudah direndam, dan bagaimana cara mamasaknya. hal ini berkaitan dengan penyerapan air dan tekniknya. Ikuti petunjuk berikut ini.

1. Mencuci beras
Saat mencuci beras Anda pasti akan membilas beras berulang kali hingga airnya bening untuk menyingkirkan sisa pati. Hal ini bisa menyebabkan beras menjadi lengket. Dibutuhkan waktu sedikit lama untuk membilas, jadi harus sabar.

Baca Juga: Punya Sisa Nasi? Yuk, Buat 5 Resep Nasi Ini Untuk Bekal

Ini Cara Memasak Nasi Gaya Chef RestoranFoto: Istimewa

2. Merendam
Untuk beras jenis long grain seperti Ramos atau basmati sebaiknya tidak usah direndam. Untuk beras merah, Anda harus merendamnya selama 30 menit sampai satu jam. Untuk beras short dan medium grain seperti pandan wangi, cianjur atau menthik perlu direndam sekitar 20 -30 menit.

Untuk beras yang belum disosoh, masih ada kulit arinya, Anda harus merendamnya selama 6-8 jam. Tiriskan beras dan bilas sesaat sebelum dimasak. Hal ini bisa membuat nasi lebih mudah dicerna. Metode ini membuat penyerapan air yang lebih baik dan mempercepat proses memasak. Hal ini juga mengurangi penumpukan asam arsen dan phytic (toksin).

Ini Cara Memasak Nasi Gaya Chef RestoranFoto: Istimewa

3. Perbandingan air dan beras
Saat memasak beras, rasio atau perbandingan air dan beras sangat penting. Banyak orang yang salah kaprah pada hal ini. Untuk beras putih, campurkan 1 gelas beras dengan satu setengah gelas air.

Gunakan gelas ukur untuk hasil yang baik. Untuk beras merah, rasionya 2 : 1. Jadi dua gelas air (atau kaldu) untuk satu gelas beras. Sedangkan untuk beras yang belum disosoh membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak dan menyerap air. Oleh karena itu memerlukan rasio tiga gelas air untuk satu gelas beras.

Ini Cara Memasak Nasi Gaya Chef RestoranFoto: Istimewa

4. Cara memasak
Taruh beras dan air tadi ke dalam panci lalu tutup. Sebelum menyalakan api, tambahkan satu sendok makan mentega atau minyak zaitun, serta satu sendok teh garam. Kemudian tutup dan biarkan mendidih dengan api kecil. Untuk beras putih, didihkan beras dengan api kecil hingga semua airnya terserap. Biasanya memakan waktu 15-20 menit. Tapi cukup10 menit jika beras sudah direndam dulu.

Beras merah yang tidak direndam harus direbus dengan cara yang sama selama 45-50 menit. Jika beras merah yang sudah direndam, hanya perlu direbus selama 20 menit saja. Untuk beras belum disosoh yang sudah direndam sebelumbya gunakan api kecil dan biarkan mendidih selama 20 menit.

Apapun jenis beras yang Anda pilih, sebaiknya tidak mengintip atau atau membuka tutup panci selama masa perebusan. Karena uap dan bagian terpenting pada nasi keluar melalui celah tutup panci yang terbuka.

Ingat,beras mengembang saat dimasak sehingga Anda bisa memasaknya setengah atau dua kali lipat tergantung dari seberapa banyak yang akan makan nasi. Jangan lupa untuk selalu memeriksa beras yang Anda beli.

Baca Juga: Beras Apa Ya yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan (odi/odi)