Di Masa Depan Orang Akan Ngantor di Coffee Shop, Ini Alasannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 02 Jan 2018 12:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Seorang copywriter Amerika memprediksi coffee shop akan jadi kantor informal kaum millennial. Tak hanya karena ruangannya nyaman, ada alasan mengapa prediksi ini terasa nyata.

Kepada Inc (2/1), copywriter Wanda Thibodeaux membeberkan alasan kenapa coffee shop mungkin jadi kantor kaum millennial dalam 10 tahun mendatang. Ada alasan dari sisi psikologis, sosial dan ekonomis seperti diungkapnya berikut.

1. Suasana berisik jadi pemicu kreativitas

Di Masa Depan Orang Akan Ngantor di <i>Coffee Shop</i>, Ini AlasannyaFoto: iStock

Tak bisa dipungkiri, meski coffee shop menyediakan ruang nyaman untuk ngopi, suasana di sini kerap berisik. Beberapa orang mungkin jadi tak fokus kerja, namun penelitian membuktikan suasana berisik ternyata bisa membantu seseorang jadi lebih kreatif. Ravi Mehta, peneliti dari University of Illinois Urbana-Champaign mengungkap tingkat berisik yang tepat membantu otak berpikir lebih kreatif. Kira-kira skala berisik yang dimaksud sekitar 70 desibel.

Penelitian kedua dari Luke Laverty menunjukkan suasana berisik mempengaruhi kreativitas. Penelitiannya juga mengungkap paparan terhadap perbincangan dan interupsi seperti di kantor konvensional berpengaruh negatif pada kreativitas.

2. Di coffee shop bisa 'kabur' dari rekan kerja menyebalkan

Di Masa Depan Orang Akan Ngantor di <i>Coffee Shop</i>, Ini AlasannyaFoto: iStock

Menilik artikel Harvard Business Review, Geoffrey James menjelaskan bagaimana faktor sosial mungkin berpengaruh terhadap fokus dan kreativitas seseorang saat di coffee shop.
a. Semua pengunjung punya posisi setara di coffee shop. Tidak seperti di kantor dimana terlihat hirarki.
b. Perbincangan di coffee shop lebih mudah dihindari karena bersifat umum, bukan terkait pada diri Anda secara pribadi seperti di kantor.
c. Anda lebih punya kontrol di coffee shop, seperti memutuskan pakai headset karena tidak mau terganggu. Dan tidak ada seorangpun yang bisa meminta Anda mencopot headset itu. Berbeda seperti di kantor dimana atasan Anda mungkin meminta Anda melakukan sesuatu.

3. Pegawai sudah terbukti bisa bekerja di luar kantor

Di Masa Depan Orang Akan Ngantor di <i>Coffee Shop</i>, Ini AlasannyaFoto: iStock

Penelitian CTrip terhadap 500 partisipan menemukan individu yang berkeja dari rumah, 13.5% lebih efisien dan 9% lebih sibuk dibanding kelompok mereka yang bekerja di kantor. Individu yang kerja di rumah juga istirahat lebih singkat, begitu juga dengan hari sakit dan cutinya yang lebih sedikit. Bahkan tingkat gesekan berkurang 50%. Secara keseluruhan, kepuasan terhadap pekerjaan juga lebih tinggi.

Namun penelitian Adam Henderson pada millennial juga menemukan tak ada satupun dari mereka yang ingin bekerja eksklusif dari rumah saja. Dari hal ini bisa ditarik kesimpulan, coffee shop mungkin jadi tempat pilihan mereka bekerja lebih banyak, namun sesekali mereka juga perlu bertemu rekan kerja di kantor.

4. Semangat di coffee shop menular

Di Masa Depan Orang Akan Ngantor di <i>Coffee Shop</i>, Ini AlasannyaFoto: iStock

Lagi-lagi terungkap dari penelitian. Di Belgia, sebuah penelitian menunjukkan seseorang lebih bekerja keras ketika melihat orang lain juga bekerja keras. Bisa disimpulkan bahwa semangat kerja keras di coffee shop menular. Di coffee shop, hal ini mungkin terjadi, karena Anda melihat tiap pengunjung yang bawa laptop terlihat fokus dan sibuk dengan pekerjaannya.

5. Perusahaan dan pegawai bisa tunjukkan rasa saling percaya

Di Masa Depan Orang Akan Ngantor di <i>Coffee Shop</i>, Ini AlasannyaFoto: iStock

Membiarkan pegawai bekerja di coffee shop atau di luar kantor adalah cara sederhana menunjukkan pada mereka bahwa atasan mempercayai pegawai. Dan saat hal ini terjadi, pegawai lebih mungkin membalas kebaikan itu dan merasa bahwa perusahaan memperlakukan mereka dengan adil.

6. Ekonomi terus tumbuh

Di Masa Depan Orang Akan Ngantor di <i>Coffee Shop</i>, Ini AlasannyaFoto: iStock

Intuit memproyeksikan sebanyak 43% tenaga kerja Amerika akan dilibatkan dalam ekonomi pada tahun 2020. Ini berarti semakin banyak orang membutuhkan tempat untuk menyelesaikan tugasnya. Para pekerja seperti penulis atau desainer grafis sangat mungkin menjadikan coffee shop sebagai kantor mereka. Hal ini karena suasana coffee shop membuat mereka merasa tidak terputus sama sekali dari orang lain dan minum atau makan di sini juga masih terjangkau. (adr/adr)