Agar Mac N Cheese Gurih Creamy, Ikuti 6 Trik Pembuatan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 01 Jan 2018 12:59 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pesta tahun baru sudah usai. Kalau mau buat sajian praktis, mac n cheese bisa jadi pilihan. Ikuti trik ini agar hasilnya creamy!

Sesuai namanya, mac n cheese adalah paduan macaroni dan keju. Rasanya yang gurih dengan tekstur creamy, membuat pasta ini digemari. Kalau mau membuatnya, bisa ikuti resep detikFood ini.

Baca Juga : Resep Pasta : Macaroni and Cheese

Nah, agar teksturnya lebih creamy, ada beberapa trik yang bisa Anda ikuti. Mulai dari menambahkan krim hingga memasak pasta dengan tepat.

Baca Juga: Mac and Cheese, Pasta dengan Balutan Keju yang Creamy

Agar Mac N Cheese Gurih Creamy, Ikuti 6 Trik Pembuatan IniFoto: iStock

1. Tambahkan krim
Untuk mendapatkan mac n cheese yang creamy, Anda tentu harus memakai saus creamy. Gunakan campuran susu dan krim alih-alih hanya memakai susu saja. Kocok juga campuran ini bersama keju sebagai saus dasar mac n cheese.

2. Tambahkan mascarpone
Mascarpone adalah keju Italia yang jadi kunci mac n cheese creamy. Seperti krim keju atau cream cheese, penambahan sedikit saja mascarpone bisa menambah tingkat creamy mac n cheese. Banyak atau sedikitnya, tergantung selera Anda.

Agar Mac N Cheese Gurih Creamy, Ikuti 6 Trik Pembuatan IniFoto: Istimewa

3. Pemilihan keju
Tak semua jenis keju cocok diolah jadi mac n cheese terutama saat Anda menginginkan teksturnya creamy. Keju parmesan, misalnya, tidak akan bisa meleleh dengan baik sehingga lebih cocok dijadikan topping daripada bahan dasar saus. Anda bisa memakai keju cheddar untuk pilihan terbaik.

4. Masak pasta
Teknik memasak pasta juga berperan menentukan seberapa creamy mac n cheese. Sebaiknya masak pasta di dalam rebusan susu bukan air. Hal ini memungkinkan saus mac n cheese lebih creamy bahkan sebelum Anda memasukkan keju. Pati dalam pasta akan keluar saat dimasak sehingga saus mac n cheese akan lebih kental dari awal. Pastikan memasak pasta hingga al dente.

Baca Juga: Mac and Cheese Bisa Diolah Jadi Burger, Pizza hingga Sandwich

Agar Mac N Cheese Gurih Creamy, Ikuti 6 Trik Pembuatan IniFoto: iStock

5. Masak di kompor
Banyak orang mengolah mac n cheese terakhir di oven. Kalau mau lebih creamy, masak sepenuhnya di atas kompor. Saus tidak akan terlalu kental atau lengket seperti jika mac n cheese dipanggang di oven. Cara ini memungkinkan tekstur mac n cheese jadi lebih creamy dan lembut.

6. Jenis pasta lain
Meski namanya macaroni and cheese, sebenarnya Anda tak harus selalu memakai macaroni sebagai bahan dasar. Sesekali pilih jenis pasta yang bisa menahan banyak saus agar mac n cheese kental. Ada cavatappi, cavatell, rotini atau penne yang lebih mudah dijumpai. (adr/odi)