Hari Pertama Tahun Baru, Yuk Lahap 7 Makanan Ini Agar Beruntung Sepanjang Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 01 Jan 2018 08:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tradisi di beberapa negara meyakini makanan ini bisa membawa keberuntungan di tahun baru. Terlepas dari faktanya, 7 makanan ini memang sehat!

Sambut tahun baru dengan beragam rencana positif. Dalam urusan makanan, 7 makanan ini bisa dicoba. Selain sehat, melahapnya dikabarkan bisa memberi peruntungan di tahun baru. Apa saja ya?

Hari Pertama Tahun Baru, Yuk Lahap 7 Makanan Ini Agar Beruntung Sepanjang TahunFoto: Istimewa

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli dan selada memang menyehatkan. Selain itu, banyak budaya di Amerika dan Eropa meyakini makan sayuran ini di tahun baru melambangkan uang. Diharapkan semakin banyak melahap sayuran hijau, semakin banyak pula rezeki yang menghampiri di tahun baru.

2. Lentil
Di Italia, Cotechini Con Lenticchie disantap pada malam tahun baru. Sajian ini menggabungkan lentil dan sosis yang dianggap bisa memberi kemakumuran di tahun baru. Pasalnya lentil diibaratkan sebagai koin kecil. Selain itu, sifat lentil yang mengembang saat direndam air diharapkan bisa 'mengembangkan' kekayaan seseorang.

Hari Pertama Tahun Baru, Yuk Lahap 7 Makanan Ini Agar Beruntung Sepanjang TahunFoto: Istimewa

3. Mie
Makan mie sudah lama jadi tradisi di China. Saat tahun baru, melahap mie menyimbolkan umur panjang. Tradisi menyantapnya adalah dengan tidak memutus mie saat masak atau memakannya. Usahakan lembaran mie dilahap utuh.

4. Delima
Di Turki, delima dianggap sebagai buah tahun baru yang manis dan juicy. Warna merah cantiknya adalah lambang hati manusia yang menyimbolkan hidup dan kesuburan. Sama seperti apel perlambang cinta dan kesuburan.

Selain itu, buah ara atau fig juga banyak dikonsumsi di Eropa dengan harapan bisa mendapat hal sama di tahun baru.

Hari Pertama Tahun Baru, Yuk Lahap 7 Makanan Ini Agar Beruntung Sepanjang TahunFoto: GettyImages

5. Ikan
Ikan dianggap sebagai salah satu makanan yang paling banyak membawa keberuntungan di tahun baru. Banyak budaya di dunia meyakini warna silver kulit ikan yang cerah membawa keberuntungan, kekayaan dan kemakmuran. Ikan juga menghasilkan banyak telur yang melambangkan kelimpahan.

6. Kacang
Kacang sering kali diberikan pada orang tersayang saat tahun baru. Harapannya mereka bisa memulai tahun baru dengan keberuntungan karena kacang adalah lambang hidup baru. Tak heran banyak orang membuat cake istimewa dengan tambahan kacang di malam tahun baru.

Hari Pertama Tahun Baru, Yuk Lahap 7 Makanan Ini Agar Beruntung Sepanjang TahunFoto: Istimewa

7. Jeruk
Jeruk dianggap sebagai buah emas yang menyimbolkan keberuntungan dalam tradisi China. Buah ini banyak dipakai untuk merayakan tahun baru China. Banyak dipanen saat akhir tahun membuat jeruk juga menjadi lambang kelimpahan dan kebahagiaan.

Saksikan video 20detik tentang makanan yang berikan keberuntungan di tahun baru di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)