Menu Natal dan Tahun Baru

Begini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak Buat Tahun Baruan

Devi Setya - detikFood Minggu, 31 Des 2017 12:13 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jagung bisa jadi alternatif pilihan barbeque selain daging, ayam atau sosis. Mau jagung bakar enak dan lezat, simak tips berikut.

Untuk menghasilkan jagung bakar yang lezat, Anda tidak perlu menyiapkan berbagai bumbu yang rumit dan susah dibuat. Demikian juga dengan proses memasak yang juga terbilang mudah. Untuk membuat jagung bakar yang enak, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut.

1. Pilih jagung yang pas tuanya

Begini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak Buat Tahun BaruanFoto: iStock

Hal paling penting yang menentukan rasa jagung bakar enak adalah kualitasnya. Pilih jagung segar yang masih berkulit. Usahakan membeli jenis jagung manis yang berbiji besar dan rasanya lebih manis. Kesegaran jagung menentukan tekstur dan rasa. Jangan membeli jagung yang terlalu muda, terlalu tua ataupun sudah tidak segar.

Baca juga : Ini 4 Cara Membakar Jagung Manis yang Enak

2. Kupas kulitnya

Begini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak Buat Tahun BaruanFoto: iStock

Ambil satu buah jagung, tarik bagian kulitnya secara perlahan dari bawah menuju pangkal jagung. Lakukan secara perlahan agar semua kulit tertarik namun tidak terlepas dari bonggolnya. Tarik semua bagian kulit dan padatkan hingga kuat digenggam, bila perlu lilit bagian kulit ini hingga menjadi pegangan yang kuat.

Selain mengupas kulitnya, bersihkan juga rambut jagung yang masih menempel. Anda hanya perlu menarik rambut-rambut halus pada jagung. Pastikan semua rambut ini bersih dari bagian jagung agar tidak terganggu saat menyantapnya.

3. Tambahkan perasa

Begini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak Buat Tahun BaruanFoto: iStock

Bumbu perasa yang digunakan untuk membuat jagung tidaklah sulit. Cukup oleskan air larutan garam untuk rasa asin gurih alami. Anda bisa juga mengolesnya dengan margarin atau mentega agar lebih sedap.

Bubuhkan bubuk perasa setelah jagung matang. Anda juga bisa menjadikan saus sambal dan mayonnaise sebagai cocolan yang lezat.

4. Panggang hingga matang

Begini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak Buat Tahun BaruanFoto: iStock

Untuk memanggang jagung setidaknya dibutuhkan waktu selama 10 sampai 15 menit. Bakar jagung sambil balik-balik ke semua sisinya hingga matang merata. Jangan pernah meninggalkan jagung di atas api dalam waktu lama karena jagung cepat menjadi gosong.

5. Angkat dan sajikan

Begini Caranya Bikin Jagung Bakar Enak Buat Tahun BaruanFoto: iStock

Saat jagung bakar sudah matang, saatnya Anda mengangkat dan menikmatinya. Jagung bakar bisa dinikmati langsung atau diserut untuk disajikan sebagai campuran salad sayur yang mantap. Jagung bakar punya sensasi rasa yang berbeda dengan jagung rebus karena lebih kering namun tetap lezat. Selamat pesta barbeque!

Baca juga : Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!

(adr/odi)