Menu Natal dan Tahun Baru

Ini Dia 4 Tips Mengolah Seafood Bakar yang Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 30 Des 2017 16:53 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain daging, seafood juga jadi salah satu olahan bakaran favorit. Agar rasa cumi dan udang lebih enak, perhatikan 4 tips ini.

Tak hanya ikan, cumi-cumi dan udang juga sering jadi santapan pergantian malam tahun baru. Meskipun terlihat mudah, akan tetapi jika salah mengolah bisa membuat teksturnya liat dan cenderung kering.

Agar tetap empuk dan juicy, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini saat mengolahnya.

Baca juga: Memasak Udang Agar Renyah dan Manis

1. Pilih seafood segar

Ini Dia 4 Tips Mengolah <i>Seafood</i> Bakar yang EnakFoto: iStock

Baik kerang, cumi-cumi ataupun udang pilihlah yang segar. Ini bisa diketahui dari aromanya yang beraroma seafood atau air laut segar.

Untuk cumi pilih yang kulitnya masih putih bening dan tidak ungu kebiruan. Udang yang masih lekat kepalanya. Sedangkan kerang yang masih hidup atau tertutup cakangnya.

Jika seafood yang dipilih masih segar, rasanya akan lebih manis dan juga juicy.

2. Perhatikan waktu membakar

Ini Dia 4 Tips Mengolah <i>Seafood</i> Bakar yang EnakFoto: iStock

Cumi dan udang memiliki waktu pembakaran yang tergolong cepat. Untuk pemanggangan cumi hanya diperlukan waktu di bawah 4 menit. Kalau terlalu lama teksturnya akan menjadi alot dan liat.

Sedangkan untuk udang sebaiknya biarkan bersama kulitnya. Agar bumbu marinasi bisa terperangkap di bagian dalam sehingga ketika dimakan makin enak. Jika kulitnya berwarna oranye kemerahan seluruhnya, angkat segera dari api. Ini tanda udang sudah matang. Jika terlalu lama dipanggang udang akan kering dan liat.

3. Bumbu marinasi

Ini Dia 4 Tips Mengolah <i>Seafood</i> Bakar yang EnakFoto: iStock

Sebelum dimasak, udang dan juga cumi sebaiknya dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun dengan tambahan sedikit cuka, garam, lada dan jeruk. Bisa juga ditambahkan kecap asin dan daun ketumbar.

Nantinya, racikan saus ini bisa dioleskan ke seafood saat dibakar. Diamkan selama 30 menit agar bumbunya dapat meresap sempurna.

4. Sajikan dengan pelengkap

Ini Dia 4 Tips Mengolah <i>Seafood</i> Bakar yang EnakFoto: iStock

Cumi ataupun udang lebih enak disantap dengan sayuran panggang. Bisa juga dinikmati dengan nasi dan ditambahkan dengan sambal kecap.

Baca juga: Agar Cumi-cumi Empuk dan Tidak Anyir, Lakukan Cara Ini Saat Mengolahnya

(adr/odi)