Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (2)

Devi Setya - detikFood Sabtu, 30 Des 2017 13:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Beberapa makanan seperti freakshake, unicorn atau matcha akan segera ditinggalkan. Makanan segar dan fermentasi akan menjadi pusat perhatian di tahun 2018.

Orientasi pencinta makanan akan beralih pada makanan segar, makanan yang ramah lingkungan dan mudah diolah serta menyehatkan. Seperti beberapa makanan ini.

6. Makanan Peru

Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (2)Foto: iStock

Tiga restoran di Peru berhasil masuk dalam daftar 50 Restoran terbaik dunia tahun ini. Salah satunya bahkan masuk dalam 5 besar daftar ini. Ini adalah sebuah prestasi untuk negara yang terbilang kecil.

Asosiasi Restoran Nasional memasukkan makanan Peru ini sebagai salah satu dari 20 tren kuliner teratas di 2018.

Baca juga : 10 Makanan Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren Tahun 2018 (1)

7. Makanan Filipina
Selama ini makanan Filipina tidak terlalu dikenal masyarakat dunia. Tapi karena hadirnya Jollibee, yakni restoran fast food yang dikenal sebagai 'McDonalds-nya Filipina' semua orang langsung memusatkan perhatian pada makanan Filipina.

Selain itu ada ube, yakni ubi ungu asal Filipina yang warnanya nyentrik dan menarik. Orang juga banyak memadukan makanan barat dengan cita rasa khas Filipina.

8.Biji-bijian kaya protein

Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (2)Foto: Getty Images

Tahun 2018 dikatakan sebagai tahunnya quinoa. Biji-bijian lain yang kaya protein juga semakin banyak diburu. Biasanya jenis biji-bijian ini ditambahkan dalam yogurt, oatmeal dan dijadikan selai. Asosiasi Restoran Nasional menjadikan jenis bijian ini sebagai salah satu tren makanan terbaik di tahun 2018.

9. Keripik olahan
Tidak bisa dipungkiri, snack makanan ringan seperti keripik memang punya sensasi rasa gurih yang bikin ketagihan. Tapi di 2018 trennya akan berubah. Orang mengolah kentang dengan campuran bahan lain dan memasaknya menjadi makanan ringan.

Menurut Whole Foods, menyajikan makanan ringan dengan tampilan baru akan jadi tren 2018. "Cara pengolahan baru akan banyak diterapkan untuk membuat makanan ringan unik misalnya keripik rumput laut atau keripik tepung beras."

Baca juga : 10 Makanan Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren Tahun 2018 (2)

10. Makanan Timur Tengah

Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (2)Foto: iStock

Menurut laporan tren 2018 Whole Foods, orang Amerika akan menikmati masakan Timur Tengah autentik di tahun yang akan datang.

"Makanan seperti hummus, roti pita, dan falafel adalah makanan yang lezat, namun sekarang konsumen lebih memilih untuk mengeksplorasi tradisi, nuansa regional, dan bahan-bahan klasik budaya Timur Tengah. Makanan dengan cita rasa pengaruh Persia, Israel, Maroko, Suriah, dan Lebanon," kata Whole Foods. Rempah-rempah seperti harissa, kapulaga, za'atar, delima, terong, peterseli, dan tahini akan menjadi menu restoran di seluruh negeri.

11. Bumbu buatan sendiri
Orang sudah banyak yang tahu jika bumbu kemasan yang dijual di pasaran banyak terbuat dari bahan berkualitas rendah. Oleh karenanya di tahun 2018 mendatang, orang akan memilih membuat sendiri racikan bumbu.

(adr/odi)