Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (1)

Devi Setya - detikFood Sabtu, 30 Des 2017 12:40 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Whole Foods dan The National Restaurant Association di Amerika membuat prediksi tren kuliner tahun depan. Hidangan Filipina hingga Peru masuk dalam prediksi mereka.

Tahun 2018 akan tiba dalam hitungan hari, foodies harus bersiap melahap makanan tren terbaru. Berikut ini 10 makanan yang diprediksi bakal populer tahun depan.

1. Acar dan sayuran fermentasi

Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (1)Foto: iStock

Menurut BBC, tahun 2018 orang akan lebih peduli dengan kesehatan usus. Inilah alasan terjadinya peningkatan konsumsi acar dan sayuran fermentasi.

Beberapa sayuran dikenal menjadi sumber terjadinya perut kembung karena kandungan alaminya. Tapi dengan diolah secara fermentasi, sayuran olahan seperti miso, kimchi dan kefir akan jadi tren karena membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Baca juga : Tahun 2018, 10 Jenis Makanan Ini Akan Makin Sering Ditemui (1)

2. Daging dari peternakan alami
Asosiasi Restoran Nasional mengatakan tren mengonsumi daging dari peternakan alami akan meningkat di tahun 2018. Orang akan mencari daging dari peternakan lokal yang dikelola peternak secara tradisional bukan peternakan industri. Bisa dikatakan, daging ini memiliki sifat genetik yang unik serta termasuk daging organik.

3. Makanan berbasis sayuran

Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (1)Foto: iStock

Tren makanan sehat berlanjut di tahun 2018 terutama pada jenis sayuran. Untuk kedua kalinya sejak tahun 1900, jumlah petani meningkat sebanyak 35 persen karena tingginya permintaan sayuran.

Sensus pertanian USDA baru-baru ini mengeluarkan banyak inovasi di sektor pertanian. Whole Foods juga mengatakan orang-orang lebih cenderung mengurangi limbah makanan dan menggunakan setiap bagian sayuran mulai batang, daun hingga kulitnya. Dahulu orang cenderung membuangnya.

4. Biji-bijian klasik
Jenis bijian klasik mulai kembali booming di tahun 2018. Bijian ini dijadikan campuran dalam sereal, makanan ringan, mie hingga produk roti. Menurut Innova Market Insign, ada 2,5 persen produk baru berupa biji-bijian klasik. Beberapa bijian tersebut diantaranya adalah spelt, amaranth, kamut dan lupin.

5.Bunga yang bisa dimakan

Makanan Peru dan Makanan Fermentasi Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2018 (1)Foto: Istimewa

Edible flower atau bunga yang bisa dimakan akan jadi makanan hits 2018. Hal ini didukung dengan masyarakat yang lebih mengutamakan makanan fotogenik. Bunga ini biasanya disajikan sebagai garnish makanan atau campuran minuman.

Whole Foods mengatakan floral flavours jadi salah satu tren teratas tahun 2018 mendatang. Beberapa bunga memiliki kelopak yang rasanya manis dan aromatik. Seorang chef di Tel Aviv bahkan membuat pizza sashimi dengan campuran bunga.

Baca juga : Tahun 2018, 10 Jenis Makanan Ini Akan Makin Sering Ditemui (2)

(adr/odi)