Menu Natal dan Tahun Baru

Punya Sisa Ayam Panggang? Buat Saja Jadi 4 Makanan Enak Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 26 Des 2017 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Natal identik dengan makanan enak, salah satunya ayam panggang. Nah, jika ada sisa kemarin, olah saja jadi 4 makanan ini.

Terkadang, sisa makanan sudah tak menarik selera. Coba padu padankan dengan bahan lain dan olah menjadi salad hingga nasi goreng.

Baca juga: Yuk, Buat 6 Racikan Ayam Bakar Ini untuk Sahur dan Berbuka Puasa

1. Salad
Punya Sisa Ayam Panggang? Buat Saja Jadi 4 Makanan Enak IniFoto: iStock
Ini jadi racikan paling mudah untuk dibuat. Untuk membuat salad, Anda perlu siapkan lettuce atau daun selada, iris kasar, tomat dan timun kemudian tambahkan dengan saus vinagrette. Saus ini bisa Anda beli langsung di supermarket.

Untuk menyajikannya, Anda dapat memotong-motong daging ayam dan dicampur dengan aneka sayuran dan saus hingga rata. Jika ingin rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan keju. Selain itu, daging ayam juga dapat diolah jadi Caesar Salad.

2. Nasi goreng
Punya Sisa Ayam Panggang? Buat Saja Jadi 4 Makanan Enak IniFoto: dok.detikFood/Istimewa
Nasi goreng bisa jadi ide menikmati sarapan enak. Untuk membuatnya, cukup tumis bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri hingga garam.

Setelah ditumis, Anda bisa mencampurkan telur, nasi dan juga irisan daging ayam. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

3. Sandwich
Punya Sisa Ayam Panggang? Buat Saja Jadi 4 Makanan Enak IniFoto: Istimewa/Pinterest
Iris sisa daging ayam panggang. Kemudian siaokan saus berupa mayonnaise dengan sedikit saus cabai, merica, garam dan sedikit perasan jus lemon.

Aduk saus hingga rata, lalu masukkan potongan ayam dan aduk rata. Jika suka, Anda bisa menambahkan irisan lettuce atau mentimun.

4. Pasta
Punya Sisa Ayam Panggang? Buat Saja Jadi 4 Makanan Enak IniFoto: detikfood
Spaghetti atau fettucine dengan paduan saus krim bisa ditambahkan dengan irisan ayam panggang. Tambahkan dengan irisan jamur champignon dan paprika agar rasanya lebih enak.

Jika tak suka dengan saus creamy, Anda juga dapat buat pasta aglio olio dengan tambahan cabai, bawang putih dan juga lada.

Baca juga: Ada Sisa Makanan Pesta? Olah Saja Jadi Hidangan Baru (dvs/odi)