Serunya Melihat Makanan Malaysia dan Foto dengan Cendol Raksasa di Museum Ini!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Des 2017 11:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Penang punya museum makanan yang wajib dikunjungi foodies. Ada laksa hingga cendol ukuran raksasa yang bisa dijadikan spot foto. Seru!

Penang Wonderfood Museum menempati bangunan kolonial tahun 1940-an di 49 Beach Street, kawasan Georgetown. Berbeda dengan museum lain yang sering dianggap kuno, main ke museum ini dijamin seru.

Museum hits di Penang ini terbagi atas 3 galeri yaitu Info Zone, Wow Zone dan Educational Zone. Semua galeri dilengkapi replika makanan yang sangat mirip aslinya.

Serunya Melihat Makanan Malaysia dan Foto dengan Cendol Raksasa di Museum Ini!Bagian Depan Penang Wonderfood Museum (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Replika Makanan dari Osaka Sudah Dikenal Sejak 80 Tahun Silam

Di Info Zone pengunjung bisa melihat lebih dari 100 jajanan tradisional dan kali lima khas Malaysia, India, China serta Peranakan. Semua replika ini ditempatkan dalam kotak kaca.

Ada juga miniatur yang menceritakan kebiasaan makan warga Penang. Termasuk diantaranya penjual nasi lemak, bubur China untuk makan siang dan gerai roti canai serta teh tarik di kedai mamak.

Masuk ke Wow Zone, pengunjung dibuat kagum dengan replika makanan raksasa. Di area ini mereka bisa puas berfoto dengan cendol, laksa, curry mee, rojak, char kuey teow hingga es kacang ukuran jumbo.

Serunya Melihat Makanan Malaysia dan Foto dengan Cendol Raksasa di Museum Ini!Salah Satu Bagian di Info Zone (Foto: Istimewa)

Penang Wonderfood Museum juga mengedukasi pengunjung tentang bagaimana pilihan makanan tertentu bisa berdampak negatif pada lingkungan. Di Educational Zone nampak replika meja jamuan pesta dengan ikan hiu berdarah di atasnya. Ini untuk menunjukkan proses pembuatan sup sirip hiu yang tidak manusiawi.

Baca Juga: Replika Makanan Seantero Jepang Banyak Dibuat di Desa Ini

Adalah Sean Lau, sosok pemilik museum makanan unik ini. Ia juga membuat sendiri semua replika makanan di Penang Wonderfood Museum. Sean belajar pada pematung ternama di Penang, Khoo Chooi Hooi untuk hal ini.

Serunya Melihat Makanan Malaysia dan Foto dengan Cendol Raksasa di Museum Ini!Sean Lau (Berkaos Hitam) Selaku Pemilik Wonderfood Penang Museum (Foto: Istimewa)

Selain itu, Lau juga belajar membuat replika makanan di Jepang. Ia menyadari Jepang punya sejarah panjang dalam pembuatan replika makanan. Lau mempelajari teknik-teknik tersebut dan berinovasi dengan pemakaian beragam bahan.

Penang Wonderfood Museum bisa dijangkau dengan berjalan kaki 5 menit dari Queen Victoria Memoria Clocktower Penang. Tiket masuk untuk turis dibanderol 25RM (Rp 83.000) untuk orang dewasa dan 15RM (Rp 49.900) untuk anak-anak.

(adr/adr)