Kuliner Hits 2017

Sluurp! Segarnya Teh dan Susu yang Enak dari Thailand

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 15 Des 2017 15:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kuliner Hits 2017
Jakarta - Teh berwarna kecokelatan asal Thailand, kini semakin banyak penggemarnya. Rasanya manis dengan aroma teh yang khas. Slurp!

Thai tea banyak dikenal dengan sebutan Thai Iced Tea atau Cha Yen. Teh yang satu ini diracik dengan seduhan teh Ceylon. Teh asal Sri Lanka ini memang memiliki aroma unik.

Baca juga: Slurrp! Thai Tea yang Manis CreamyAda di 5 Gerai Ini

Teh Ceylon ini dijual dengan harga tinggi. Sebagai penggantinya, thai tea sering diganti dengan teh Assam yang ditanam langsung didataran Thailand. Teh ini bernama Bai Miang yang sekarang jadi campuran racikan minuman Thai tea.

Jika diseduh, Bai Miang dapat menghasilkan warna cokelat kemerahan dan inilah ciri khasnya.

Sluurp! Segarnya Teh dan Susu yang Enak dari ThailandFoto: iStock
Jika ingin menghasilkan Thai tea yang manis, seduhan Bai Miang ditambahkan dengan susu kental manis. Bai Miang yang sudah diseduh dengan air hangat kemudian dituangi dengan susu evaporated, krimer dan susu kental manis agar menghasilkan tekstur yang creamy.

Selain susu, beberapa penjual juga menambahkan santan dan rempah seperti bunga lawang, orange blossom hingga kapulaga.

Minuman manis dan kental ini sebenarnya sudah jadi minuman sehari-hari masyarakat Thailand. Akan tetapi di Indonesia, Thai tea mulai booming awal tahun tahun 2017.

Baca juga: Mau Minuman Segar? Racik Thai Tea dengan 3 Langkah Ini

Salah satu gerai yang menyajikan Thai tea adalah Dum Dum, gerai minuman a la Thailand ini memiliki menu Thai tea original, Thai green tea hingga Milo coffee. Selain Dum Dum, ada juga beberapa gerai lainnya seperti Chapayom, Cha Yen Thai hingga Tuk Tuk Cha.

Biasanya segelas Thai tea dijual dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 25.000. (dwa/lus)
FOKUS BERITA Kuliner Hits 2017