Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (2)

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 11 Des 2017 16:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ikan hingga sayuran hijau dapat meningkatkan memori otak. Tapi masih ada bahan lain yang mudah didapat dan dilahap oleh Anda. Apa saja ya?

Antioksidan hingga vitamin E amat baik bagi kesehatan otak. Untuk itu, setiap harinya Anda perlu konsumsi makanan sehat setiap harinya. Ini dapat membantu atasi pikun dan meningkatkan daya kerja otak. Berikut beberapa bahan makanan yang perlu Anda konsumsi.

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (2)Foto: iStock

5. Dark Chocolate


Siapa sih yang tak suka coklat? selain rasanya yang enak, coklat juga menyehatkan, lho. Baik dark chocolate maupun bubuk kakao mengandung flavonoid, kafein, dan antioksidan. Mereka dapat meningkatkan fungsi memori otak. Selain itu, dark chocolate juga bisa menaikan mood Anda. Anda akan menjadi lebih segar, bahagia, dan juga tidak jadi pelupa!

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (2)Foto: Thinkstock
6. Walnut

Jenis kacang dengan bentuk bergelombang tak beraturan ini amat menyehatkan. Diantara sekian banyak jenis kacang yang ada, walnut adalah salah satu jenis kacang yang dapat membantu tubuh melawan kanker, sakit jantung, hingga penuaan. Satu lagi khasiat kacang gurih ini adalah meningkatkan fungsi memori otak Anda. American Joournal of Epidemiology mengatakan walnut kaya akan vitamin E. Vitamin mencegah penurunan kognitif dengan melindungi membran sel otak Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi jenis kacang ini.

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (2)Foto: iStock
7. Kunyit

Rempah yang satu ini banyak digunakan pada olahan tradisional termasuk jamu. Ternyata rempah dengan warna oren mencolok ini amatbaik dalam mencegah peradangan. Ia juga membantu asupan oksigen ke otak. Hal ini membuat Anda tetap sadar dan membantu Anda memproses informasi. Ia membantu produksi serotonin di tubuh yang meningkatkan pertumbuhan sel otak. Juga bisa membersihkan plal amiloid yang bisa sebabkan penyakit Alzheimer.

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (2)Foto: iStock
8. Biji labu

Biji labu dapat dibeli dengan mudah di toko-toko bahan makanan. Jenis yang dijualpun beragam, mulai dari biji labu kupas, masih berbentuk gabah, sudah di panggang dalam keadaan mentah, sudah diberi garam, dan biji labu tawar. Biji labu mengandung magnesium, zat besi, dan zync lebih banyak dibanding biji buah lain. Ia meningkatkan fungsi memori dan otak. Kekurangan zync dapat menyebabkan Alzheimer dan Parkinson.

Agar Tak Cepat Pikun, Konsumsi Saja 9 Makanan Enak Ini! (2)Foto: Thinkstock

9. Blueberry


Buah yang satu ini amat disukai. Banyak varian minuman hingga makanan berbahan blueberry. Warnanya yang eksotik dan bentuknya yang mungil membuat sulit berhenti untuk memakannya. Buah ini ternyata punya banyak manfaat bagi otak. Penelitian di Tuts Universities, Amerika, mengatakan bahwa mengkonsumsi blueberry dapat menunda kehilangan memori jangka pendek. Antosianin yang ada pada buah ini memiliki efek anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Jadi bagi Anda yang sering melupakan hal penting, baiknya mengonsumsi bahan makanan di atas. Selain tak akan malu jika tak bisa menjawab pertanyaan kawan lama "masih ingat aku nggak?", Anda juga bisa melewati masa tua dengan bahagia. Karena masih mengingat kejadian penting di masa lalu. (dwa/lus)