Butiran Berwarna Perak Untuk Hiasan Kue Ternyata Tak Aman Konsumsi

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 10 Des 2017 17:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sprinkle berwarna perak kerap digunakan untuk menghias kue karena cantik dan berkesan mewah. Tapi apakah ia aman untuk dikonsumsi?

Dilansir Fox News (10/12) pertanyaan ini sudah menyulitkan Foods and Drug Administration (FDA) Amerika selama bertahun-tahun.

Tahun 1960 FDA sudah melarang penggunaan zat mineral untuk bahan pembuatan makanan. Dengan kata lain melarang penggunaan perak pada kembang gula.

Pada akhir tahun 1970- an popularitas dekorasi makanan berlapis perak meningkat. FDA menyatakan bahwa dekorasi makanan berlapis logam hanya baik untuk sekedar dijadikan dekorasi saja. Tapi tidak untuk dikonsumsi.

Baca juga: Apakah Bubuk Emas Aman Dimakan?

"Ketika bola perak kecil yang dikenal sebagai 'silver dragées' dijual secara eksklusif untuk dekorasi kue dan dapat digunakan asal tidak memakan sebagai kembang gula. Karena tidak masuk dalam kategori makanan atau kembang gula," tulis FDA

Hingga kini, di 49 negara bagian Amerika melarang penggunaan perak sebagai zat yang dapat dikonsumsi. California satu satunya negara yang tidak menjual silver dragées karena adanya kebijakan hukum tahun 2003 yang menyatakan bahwa dekorasi perak berbahaya jika tertelan.

Jika Anda masih ingin menggunakan pernak pernik kue yang berlapis perak, sebaiknya buang dulu pernak pernik tersebut sebelum memakan kue. Jika hal itu sulit, Anda masih bisa menghias kue Natal dengan krim, fondant, atau chocochips. (dwa/odi)