Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bermanfaat Untuk 5 Hal Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 09 Des 2017 13:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sehabis minum kopi, ampasnya jangan dibuang dulu ya. Selain bisa menghilangkan aroma tak sedap ditangan, kopi juga bisa dijadikan sebagai penyubur tanaman.

Pecinta kopi tentu gemar menggiling biji kopi sendiri. Usai penggilingan atau menyeduh kopi jangan dibuang begitu saja. Sebaiknya sisihkan dalam wadah dan keringkan.

Dikutip dalam Spoon University, Anda bisa memanfaatkan ampas kopi di sekitar rumah. Tak hanya bisa dijadikan masker, tapi juga bisa membantu suburkan tanaman di pekarangan rumah.

Baca juga: Ampas Kopi Bisa Usir Hama dan Hilangkan Bau Kulkas

1. Untuk exfoliator

ampas kopiampas kopi Foto: Istimewa
Exfoliator merupakan pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub. Campurkan kopi dengan minyak kelapa dan aduk hingga rata. Ampas kopi ini bisa diaplikasikan ke wajah dan berfungsi untuk scrub yang bisa menghilangkan sel kulit mati pada wajah.

2. Hilangkan aroma tak sedap di tangan
Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bermanfaat Untuk 5  Hal Ini Foto: Istimewa
Setelah memotong bawang putih pasti aromanya akan tertinggal. Dengan ampas kopi, Anda bisa mencelupkan tangan ke wadah yang berisi ampas kopi. Kopi nantinya akan menyerap bau bawang putih kemudian bilas dengan air untuk mendapatkan tangan yang segar, bersih dan bebas bau bawang.

3. Membersihkan bawah panci
Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bermanfaat Untuk 5  Hal Ini Foto: Istimewa
Kerak makanan yang ada di bagian bawah panci biasanya sulit untuk dibersihkan. Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan ampas kopi yang cukup abrasif untuk menggosok kerak tersebut tanpa merusak permukaannya. Cukup menaburkannya di bagian bawahnya dan menggosoknya dengan handuk kertas.

4. Hilangkan bau pada lemari es
Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bermanfaat Untuk 5  Hal Ini Foto: Istimewa
Ampas kopi memiliki kemampuan untuk menyerap bau. Jika lemari es Anda masih berbau busuk dari sisa makanan yang sudah rusak, cukup taruh ampas kopi di dalamnya. Ini akan membuang baunya dalam beberapa hari.

5. Suburkan tanaman
Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bermanfaat Untuk 5  Hal Ini Foto: Istimewa
Sebagai pupuk alami, kopi jadi salah satu yang bisa digunakan. Jika Anda menaruh bubuk kopi dalam tanaman, ini akan menjadi pupuk yang murah dan ramah lingkungan.

Baca juga: Ampas Kopi Bisa Usir Hama dan Hilangkan Bau Kulkas (dvs/lus)