Keren! Peternak Ini Ciptakan Mesin Pembuat 'Poached Egg'

Devi Setya - detikFood Sabtu, 09 Des 2017 12:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Dilansir dari Metro (8/12), seorang peternak unggas asal Lincolnshire akhirnya menemukan cara membuat poached egg dengan kematangan sempurna. Bagaimana caranya?

Mungkin Anda akan sedikit terkejut mendengar kabar ini, pasalnya peternak bernama Phil Ashton ini membuat sebuah mesin dari logam. Mesin ini bekerja dengan canggih, sangat kontras berbeda dengan memasak telur dalam air mendidih biasa.

Baca juga : Ini Trik untuk Membuat Telur Rebus Setengah Matang dan Matang Sempurna

Phil menjelaskan ia membuat mesin ini karena sering kecewa karena kerap gagal mencapai tingkat kematangan yang pas pada poached egg yang dibuatnya.

Pria yang memasok produk telurnya untuk Happy Egg Company ini mengatakan dengan alatnya ini ia hanya membutuhkan waktu sekira dua menit 42 detik untuk mendapatkan poached egg yang sempurna. Waktu ini dianggapnya paling tepat.

Dalam sebuah wawancara dengan Manchester Evening News, Plil menjabarkan mesin penemuannya ini. "Mesin ini benar-benar bisa membuat poached egg yang sempurna kapanpun saya mau. Dengan mesin ini saya tidak perlu frustasi karena bisa menghasilkan telur lezat," kata Phil.
Keren! Peternak Ini Ciptakan Mesin Pembuat 'Poached Egg' Foto: iStock

Cara kerja mesin ini sebenarnya cukup simpel. Setelah mesin dijalankan maka sebutir telur akan menggelinding lewat pipa yang sudah dialiri air. Proses ini bertujuan untuk mencuci telur agar lapisan kulitnya bersih dari kotoran.

Selanjutnya telur akan digiring masuk ke dalam panci berisi air yang di bawahnya terdapat kompor. Suhu air diatur dengan sebuah termometer agar mencapai panas ideal. Kemudian capit logam akan memecahkan telur yang kemudian masuk ke dalam panci, merebusnya sesuai waktu dan mengangkatnya saat sudah matang.

Baca juga : Mau Bikin Telur Rebus Enak? Ini Cara Benar Merebus dan Mengupas Kulitnya
Keren! Peternak Ini Ciptakan Mesin Pembuat 'Poached Egg' Foto: Istimewa
Phil boleh bangga dengan hasil karya yang selama proses pembuatan mesin ini ia banyak menlewatkan waktu bersama keluarga. "Mesin ini sempat membuat saya jauh dari anak perempuan saya pada musim panas. Tapi setelah jadi, mesin ini membuat kebersamaan saya dan anak semakin baik,"katanya.

Ternyata ide Phil ini muncul karena ia terinspirasi dari film favorit masa kecilnya, Chitty Chitty Bang Bang dan Wallace and Gromit. Ia megatakan, tumbuh di peternakan membuatnya menjadi pribadi yang kreatif. Ia bisa membuat berbagai barang kebutuhan dengan memanfaatkan barang bekas yang ada. Kreatif ya! (dvs/odi)