Begini Trik Masak Dada Ayam Agar Lezat dan Juicy

Devi Setya - detikFood Kamis, 07 Des 2017 19:34 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bagian dada ayam sering dipilih karena dagingnya tebal dan lemaknya sedikit. Nah, agar rasanya maksimal, pastikan mengolah dada ayam dengan cara yang tepat.

Jika tidak tahu cara mengolah dada ayam yang benar maka tak jarang daging akan terasa keras dan alot. Padahal bagian dada ayam bisa menjadi lezat, gurih dan bertekstur juicy jika dimasak dengan teknik yang benar. Belum tahu caranya? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Penggemar Ayam? Buat Saja 5 Kreasi Resep Ayam Enak Ini

Begini Trik Masak Dada Ayam Agar Lezat dan <i>Juicy</i>Foto: iStock

Dilansir dari Mashed (7/12) memasak ayam memang sedikit rumit pasalnya jika masih mentah maka berbahaya, namun jika terlalu matang maka daging akan keras. Menurut J. Kenji Lopez-Alt, seorang penulis The Food Lab dari Serious Eat, salah satu kendala dada ayam kurang lezat yakni karena perbedaan ketebalan daging.

"Intinya, teknik apapun yang digunakan saat memasak dada ayam saat ketebalannya berbeda maka hasilnya kurang sempurna. Bagian yang runcing dan kecil akan lebih cepat matang dibandingkan bagian daging yang tebal," kata Lopez-Alt.

Pria ini memberikan saran sekaligus trik supaya dada ayam memiliki ketebalan yang sama sebelum mulai dimasak. Caranya dengan memukul dada ayam menggunakan pemukul daging hingga seluruh bagian daging sama tebal. "Dengan memukul daging ayam dan membuatnya rata maka semua bagian bisa matang secara bersamaan. Ini yang membuat teksturnya juicy," lanjutnya.

Memukul daging ayam bukan hanya membuatnya lezat melainkan lebih mempersingkat waktu memasak dan membuat daging lebih empuk.

Begini Trik Masak Dada Ayam Agar Lezat dan <i>Juicy</i>Foto: iStock

Baca juga : Punya Stok Dada Ayam di Rumah? Olah Saja Jadi 5 Makanan Enak untuk Si Kecil!

Jangan khawatir jika di dapur rumah Anda tidak memiliki pemukul daging, Anda bisa menggunakan berbagai benda lainnya yang berbobot berat. Misalnya rolling pin, botol anggur kosong atau wadah berat lainnya. Perlu dicatat, untuk menjaga kebersihan daging ayam, sebaiknya Anda melapisi daging ayam dengan plastik sebelum mulai memukulnya dengan alat pengganti palu daging.

Ketebalan ideal daging ayam yakni kisaran 0,6 hingga 1,2 cm. Tapi ini tidak selalu dijadikan patokan karena Anda bisa memprediksi sendiri jika dada ayam sudah sama rata. Semua hidangan ayam enak dimasak dengan teknik memasak mulai dari panggang, goreng atau bakar bisa menerapkan teknik ini.

(adr/adr)