Ini 40 Makanan Malaysia Terenak Versi CNN, Kok Ada Rendang dalam daftarnya?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 07 Des 2017 10:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Malaysia memang memiliki makanan yang agak mirip dengan Indonesia. CNN mendata 40 makanan terenak dari Malaysia yang wajib dicoba. Tapi kok ada rendang?

Dikutip dalam CNN (30/11), memang ada beberapa makanan yang mirip dengan makanan Indonesia karena kedua negara ini memiliki kesamaan soal kuliner. Namun, dari segi citarasa dan penyajiannya tentu ada perbedaan.

Baca juga: Ini 3 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar Makanan Terenak di Dunia!

Ini 40 Makanan Asal Malaysia Terenak Versi CNN, Kok Ada Rendang di daftarnya?Mee goreng mamak jadi makanan favorit dari Malaysia. Foto: iStock

Sajian makanan pertama yang jadi favorit adalah mee goreng mamak. Hidangan ini biasanya disukai oleh masyarakat India muslin di Malaysia. Dijual dengan pelengkap komplet, mie kuning dimasak dengan paduan daging sapi, ayam atau udang. Kemudian ditambahkan dengan sayuran dan juga telur. Makanan ini juga banyak dijual di beberapa penjaja makanan pinggir jalan.

Menu kedua adalah apam balik. Ini jadi salah satu jajanan manis khas Malaysia yang wajib dicoba jika Anda datang ke sana. Bentuknya mirip seperti pancake dengan ditambahkan telur dan diberi sedikit gula dan kacang sebagai isiannya. Nyam!

Nasi kerabu dari Malaysia dengan paduan bunga telang.Nasi kerabu dari Malaysia dengan paduan bunga telang. Foto: iStock

Dan yang ketiga, ada hidangan nasi yang cukup unik. Nasi kerabu yang memiliki warna nasi biru ini jadi hidangan favorit di Kelantan yang ada di semenanjung Malaysia bagian Utara. Nasi biru yang tebuat dari bunga telang ini disajikan bersama dengan tauge, kelapa goreng yang dipadu dengan fermentasi saus ikan.

Ayam percik masuk deretan keempat hidangan favorit Malaysia. Ini mirip seperti ayam bakar dengan bumbu barbecue yang ditambahkan dengan cabai, bawang putih dan saus santan yang diberi sedikit jahe. Tentunya makin enak disantap dengan nasi dan sambal ya.

Yang kelima ada nasi lemak. Makanan ini menjadi salah satu hidangan nasional, semua orang menyukainya. Nasi lemak ini terbuat dari nasi yang dipadu dengan santan. Kemudian diberi pelengkap berupa telur rebus, kacang tanah, sayuran, daging, ayam, seafood dan sambal.

Selain kelima makanan tersebut, ada juga beberapa makanan Malaysia yang dinobatkan jadi makanan terenak versi CNN. Ada roti john, rendang (ayam, daging atau domba), kuih, nasi kandar, laksa, popiah basah, bubur, roti jala, cendawan goreng, sambal udang, murtabak, asam pedas, lemang, otak-otak, tepung pelita, rempeyek, sate, rojak, putu piring, satar, roti canai, mee rebus, gulai ayam kampung, lor bak, ikan bakar, char kuey teow, chai tow kway, pisang goreng, chicken curry kapitan, ketupat, jeu hoo car, kaya toast, ais kacang, air tebu dan wonton mee.

Ini dia rendang asli Indonesia yang berbumbu kehitaman dan enak.Ini dia rendang asli Indonesia yang berbumbu kehitaman dan enak. Foto: Detikfood

Soal rendang yang disebut dalam makanan terenak di Malaysia. Indonesia punya rendang yang tentu berbeda dengan negeri Jiran. Rendang versi Malaysia masih setengah matang alias disebut dengan kaleo. Sedangkan jika di Minang, rendangnya dimasak selama 7 jam hingga menghasilkan tekstur yang kering dengan warna kehitaman.

Selain itu, rendang Malaysia disajikan bersama dengan nasi briyani dan Indonesia dengan nasi putih.

Baca juga: Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses Masaknya (lus/lus)