Ke Bandung, Jokowi Cicip Kopi Terbaik di Dunia dari Gunung Puntang

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 05 Des 2017 15:30 WIB
Foto: Biro Pers Setpres Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta - Dalam rangka peresmian Tol Soroja, Jokowi sempatkan beristirahat sambil mencicip kopi. Berasal dari Gunung Puntang, Jokowi sebut kopi ini yang terbaik di dunia.

Kemarin (4/12/2017) Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat. Disana, Presiden Jokowi meresmikan Tol Soroja dan setelah itu ia menyempatkan diri untuk beristirahat di Warung Kopi 'Sejiwa' yang berada di Jalan Progo, Bandung Jawa Barat. Dalam unggahan foto tersebut, terlihat Jokowi sedang menikmati kopi bersama dengan para menteri dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Baca juga: Kopi Jabar Terbaik di Dunia, Gubernur Aher Siap Salip Aceh

Coffee latte jadi racikan kopi yang dipesan oleh Jokowi di Warung Kopi 'Sejiwa'Coffee latte jadi racikan kopi yang dipesan oleh Jokowi di Warung Kopi 'Sejiwa' Foto: Biro Pers Setpres

Dalam akun Instagramnya Jokowi, Senin (4/12) terlihat Jokowi memesan coffee latte. Coffee latte ialah racikan kopi yang dibuat dengan espresso yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis dibagian atasnya.

Setelah mencicip kopinya, Jokowi mengaku puas dengan kopi yang sedang ia nikmati. Jokowi menuturkan bahwa racikan coffee lattenya dibuat dari kopi yang berasal dari Gunung Puntang, Jawa Barat.

"Ke warung kopi 'Sejiwa' di Jl Progo, Bandung. Saya tadi coba coffee latte. Di sini kopinya berasal dari Gunung Puntang Jawa Barat. Katanya, ini kopi terbaik dan termahal di dunia. Kopi kita juara. Raos pisan euy..." ujar Jokowi dalam akun Instagramnya, Senin (4/12/2017).

Jokowi juga menuturkan bahwa,"Kuliner Indonesia baik makanan maupun minuman dengan brand-brand lokal, saya yakin bisa bersaing dengan brand internasional."

Pada tahun 2016 lalu, kopi Gunung Puntang Jawa Barat memecahkan rekor dengan nilai penjualan termahal dalam sebuah lelang kopi di Atlanta, Amerika Serikat. Kopi ini ditanam oleh para petani di kawasan Gunung Puntang dengan bibit benih dari hasil eksplorasi selama bertahun-tahun. Satu kilogram biji kopi yang dibandrol dengan harga Rp 750 ribu. Ini harganya 10 kali lipat dari harga normal.

Ini Kopi Gunung Puntang Terbaik di Dunia yang Dicicip Jokowi di BandungKopi Gunung Puntang yang jadi kopi termahal dan terbaik di dunia. Foto: iStock

Kopi yang berasal dari Gunung Puntang ini memiliki karakteristik kopi dengan rasa manis sedikit asam. Ketika diseruput tercecap rasa yang cenderung 'fruity'. Tidak hanya jadi penghasil kopi, Gunung Puntang juga sediakan wisata di perkebunan kopi untuk mengetahui bagaimana cara tanam hingga proses pengolahan kopi langsung dari kebunnya.

Kopi tersebut diolah dengan tiga cara yaitu natural, honey (wash), dan full wash. Selain itu faktor alam juga menentukan rasa kopinya. Pasalnya Gunung Puntang memiliki nutrisi yang dibutuhkan tanaman kopi sehingga kopi yang ditanam di Gunung Puntang tumbuh subur.

Nah, kalau berkesempatan jalan-jalan ke Gunung Puntang, Anda bisa mampir untuk mencicip kopi enaknya yang masuk dalam kategori kopi terbaik di dunia tahun lalu!

Baca juga: Inilah Kopi Gunung Puntang Bandung yang Dilelang USD 56 di Amerika (lus/lus)