Wouw! Umbi Yam Ini Panjangnya Hampir Satu Meter!

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 30 Nov 2017 16:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya yam panjangnya sekitar 20 cm. Tapi di Madagaskar ditemukan yam dengan panjang sekitar 91.4 cm dalam satu umbi!

Mamy Tiana Rajaonah yang tinggal di Antananarivo, Madagaskar memotret dan mengunggah foto yam tersebut ke akun twitter nya (10/11/17). Ia merupakan manager proyek yam untuk Kew Madagascar Conservation Center yang telah mempelajari yam selama lebih dari 15 tahun. Nama spesies yam super panjang ini adalah Bako.

'Ini spesies yam terbesar yang pernah saya lihat dari spesies ini,' ujar Paul Wilkin, kepala bagian sumber alam dan kesehatan tanaman di Kew, United Kingdom's Royal Botanic Gardens.

Yam, salah satu jenis umbi-umbian merupakan salah satu sumber makanan di Madagaskar. Terdapat 40 spesies yam, lebih dari 30 diantaranya hanya terdapat di sana. Hal ini merupakan salah satu keuntungan yang dimiliki Madagaskar. Dilansir National Public Radio (23/11), menurut Bank Dunia lebih dari separuh anak usia di bawah 5 tahun kekurangan gizi di Madagaskar.

Wouw! Umbi Yam Ini Panjangnya Hampir Satu Meter!Foto: Istimewa

Selain mengenyangkan, yam juga sangat menyehatkan kerena kaya akan serat dan potassium. Sebenarnya makanan pokok penduduk Madagaskar adalah nasi. Tetapi jika sedang tidak ada nasi, yam bakar atau yam rebus dikonsumsi sebagai pengganti.

"Ketika kami memakan yam, kami tidak perlu memakan nasi lagi," ungkap Rajaonah.

Namun yam di sana sedang bermasalah, karena sebagian habitat mereka tergantikan dengan budidaya kacang tanah. Harga Bako di pasar lokal sudah naik enam kali lipat sejak awal teridentifikasinya spesies ini di tahun 2008. Menurut Wilkin, harga awal sepotong yam besar 1.25 dolar atau sekitar 16 ribu rupiah menjadi 6 dolar atau sekitar 81 ribu rupiah untuk ukuran kecil.

"Penduduk berkata, dulu jauh lebih mudah menemukannya (Bako). Sekarang mereka harus berjalan lebih jauh untuk menemukannya," Ujar Wilkin

The Yam Project muncul untuk memastikan bahwa penduduk setempat bisa mendapatkan cukup pasokan. Proyek ini akan mendistribusikan bibit yam untuk penanaman kembali. Tujuannya agar penduduk menanam yam mereka sendiri.

Proyek tanam yam sendiri ini mungkin akan sulit karena yam yang ada merupakan jenis yam liar.

Wouw! Umbi Yam Ini Panjangnya Hampir Satu Meter!Foto: Istimewa

"Tidak semua tanaman liar dapat dibudidayakan. Kami baru saja memulai belajar untuk membudidayakan," kata Wilkin.

Yam tidaklah sama dengan ubi jalar. Walau keduanya adalah jenis umbi yang tumbuh di bawah tanah, yam merupakan bagian dari rumput dan lili sedangkan ubi jalar merupakan bagian dari Convolvulaceae.

Yam mengandung lebih banyak tepung dan lebih kering dari pada ubi jalar. Madagaskar sendiri memiliki yam dengan daging putih atau ungu.

Jika Anda melihat sesuatu yang terlihat seperti yam dengan panjangnya 1 meter, bisa jadi itu yam Madagaskar.

(adr/adr)