Selamat Jalan Bondan Winarno

5 Fakta Bondan Winarno, Dari Wartawan hingga Pakar Kuliner 'Maknyus'

Devi Setya Lestari - detikFood Rabu, 29 Nov 2017 11:49 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Setiap mendengar kata "Maknyus" otomatis pikiran langsung tertuju pada sosok ikon kuliner Bondan Winarno. Siapakah sebenarnya Bondan Winarno?

Kabar duka pagi ini datang dari Bondan Winarno yang menghembuskan nafas terakhir pada usia 67 tahun. Banyak orang mengenal sosok Bondan Winarno sebagai seorang yang hobi kuliner ke berbagai tempat. Tapi dibalik sosok pencicip makanan, Bondan Winarno juga menyimpan sederet fakta. Berikut 6 fakta seputar Bondan Winarno.

Pria berdarah Jawa Timur
Bondan Winarno lahir di Surabaya, 29 April 1950. Bondan muda menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro, Semarang pada Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur. Namun sayangnya belum menyelesaikan kuliah, Bondan kemudian menjadi fotografer di Jakarta.

5 Fakta Bondan Winarno, Dari Wartawan hingga Pakar Kuliner 'Maknyus'Foto: Agung Pambudhy

Baca juga: Pakar Kuliner Bondan Winarno Wafat Pagi Ini

Berkarir sebagai wartawan
Sebagai seorang sosok ikon kuliner, Bondan sama sekali tidak memiliki basic pendidikan kuliner. Ia bahkan mengawali karir sebagai wartawan. Hobinya menulis membuat banyak hasil tulisannya dimuat di berbagai media massa seperti Kompas, Sinar Harapan, Suara Pembaharuan,Tempo dan berbagai rubrik di majalah serta tabloid.

Sosok pengusaha
Bondan Winarno juga memiliki ketertarikan pada bidang entrepreneur. Ia tercatat pernah memiliki usaha sekaligus menjabat sebagai Presiden Ocean Beauty International yakni perusahaan makanan laut yang berbasis di Amerika Serikat. Kemudian ia juga memiliki usaha coffee shop berlabel Kopitiam Oey yang hingga kini masih eksis di Indonesia.

5 Fakta Bondan Winarno, Dari Wartawan hingga Pakar Kuliner 'Maknyus'Foto: Instagram/maknyusbw

Pelopor dan ketua komunitas Jalan Sutra

Bondan Winarno dikenal sebagai pelopor sekaligus ketua komunitas Jalan Sutra, sebuah komunitas wisata boga yang terkenal di seluruh Indonesia. Anggota komunitas ini sangat beragam dan didominasi pakar kuliner dan orang-orang yang tertarik pada dunia kuliner.

Jargon "Maknyus"
Sebutan Maknyus mulai dikenal masyarakat luas setelah Bondan Winarno mengisi acara Wisata Kuliner yang tayang di Trans TV. Bondan selalu menyebutkan kalimat singkat "Pokoe maknyus!" yang didefinisikan sebagai ungkapan rasa makanan yang lezat dan nikmat. Jargon inilah yang kemudian seolah melekat pada sosok Bondan Winarno. (adr/adr)