Ini 7 Makanan yang Simbolik Dalam Sajian Mangupa Kahiyang-Bobby

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 25 Nov 2017 12:50 WIB
Foto: Odilia Winneke
Jakarta - Dalam acara mangupa Kahiyang dan Bobby diberi sajian nasi lengkap untuk dimakan bersama. Semua sajian ini punya makna penting.

Setelah menjalani upacara tapian na martua, Kahiyang Siregar dan Bobby Nasution menjalani acara mangupa-upa. Pemberian nasihat dari kedua orang tua.

Sebelum mendengarkan ujar poja atau nasehat, kedua mempelai disuguhi nasi komplet yang harus dicicipi berdua. Keduanya mencuci tangan dan minum sebelum menyantap nasi dengan lauk-pauk.

Nasi putih disajikan dalam tampah dengan topping 7 lauk-pauk. Masing-masing lauk ini tak sekedar ditaruh tetapi punya makna khusus.

Baca Juga: Disaksikan Jokowi, Kahiyang Bobby Jalani Prosesi Mangupa

1. Nasi Putih

Ini 7 Makanan Dalam Sajian Mangupa Kahiyang-BobbyNasi putih yang ada dalam sajian mangupa Kahiyang-Bobby. Foto: Odilia Winneke

Nasi putih melambangkan 'bersih' niat dan kehendak untuk memulai hidup baru. Nasi juga menjadi makanan pokok yang utama dalam menu sehari-hari.

2. Ayam Kampung Utuh

Ayam kampung utuh dengan paduan rempah yang disajikan dengan nasi putih.Ayam kampung utuh dengan paduan rempah yang disajikan dengan nasi putih. Foto: Odilia Winneke

Ayam kampung utuh diberi bumbu rendang dan diletakkan di tengah nasi. Ayam selalu berkokok di pagi hari membangunkan orang untuk menjalankan sholat subuh dan mencari rejeki.

3. Udang

Selain ayam, ada juga udang.Selain ayam, ada juga udang. Foto: Odilia Winneke

Udang selalu berjalan mundur dua kali dan maju sekali saat berenang. Ini mengandung makna sebelum bertindak sebaiknya berpikir dua kali atau berpikir masak-masak.

4. Ikan Air Tawar

Ini 7 Makanan Dalam Sajian Mangupa Kahiyang-BobbyAda ikan air tawar yang melambangkan kejernihan dan kebeningan hati. Foto: Odilia Winneke

Ikan ini hanya bisa hidup di air bersih atau bening. Menunjukkan kejernihan dan kebeningan hati dalam melakukan pekerjaan.

5. Telur Ayam Rebus

Ini 7 Makanan Dalam Sajian Mangupa Kahiyang-BobbyBeberapa butir telur rebus juga melambangkan kesuksesan. Foto: Odilia Winneke

Telur ini terdiri dari putih telur dan kuning telur. Telur ini harus dimakan bersama kuningnya dan tak boleh jatuh. Kuning telur melambangkan cita-cita dan kesuksesan yang akan diraih.

6. Garam

Ini 7 Makanan Dalam Sajian Mangupa Kahiyang-BobbyGaram yang ditaruh dalam wadah daun pisang juga ditaruh dalam sajian mengupa di pesta Kahiyang-Bobby. Foto: Odilia Winneke

Makanan akan terasa tak enak tanpa garam. Bumbu terpenting dalam masakan.

7. Jahe

Ini 7 Makanan Dalam Sajian Mangupa Kahiyang-BobbySelain garam, ada juga jahe yang melambangkan kehangatan dalam keluarga. Foto: Odilia Winneke

Rasa pedas hangat jahe dapat menghangatkan tubuh. Melambangkan kehangatan dalam berkeluarga.

[Gambas:Video 20detik]

(lus/odi)