Kenali 7 Hal yang Bikin Pasta Buatan Anda Kurang Enak

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Sabtu, 25 Nov 2017 09:13 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pasta jadi hidangan praktis yang sering dibuat sendiri di rumah. Agar rasanya enak, hindari lakukan 7 hal sepele namun berdampak besar ini.

Membuat pasta sebenarnya mudah. Triknya ada pada suhu air yang tepat untuk merebus pasta dan waktu paling baik untuk mencampurkannya dengan saus. INSIDER (30/10) merangkum informasinya seperti berikut.

Baca juga: Mamma Mia! Racikan Pasta Enak Ada di 10 Tempat Ini

1. Menggunakan merek pasta yang salah

Ada banyak merek pasta kemasan di pasaran. Chef Josh Laurano dari Mario Batali's La Sirena mengatakan pentingnya memilih merek pasta yang tepat.

"Sejumlah produsen pasta mengambil jalan pintas untuk membuat produk mereka lebih murah, baik dengan menggunakan tepung yang memiliki zat adiktif atau mempercepat proses pengeringan. Semua ini mengarah ke pasta yang teksturnya tidak 'al dente' seperti yang kita harapkan," jelas Laurano.

Kenali 7 Hal yang Bikin Pasta Buatan Anda Kurang EnakFoto: iStock

2. Tidak menunggu hingga air mendidih

Menambahkan pasta ke dalam air yang belum benar-benar mendidih akan membuat tekstur pasta tidak enak. Masukkan pasta hanya ketika air tersebut mengeluarkan gelembung, pertanda sudah mendidih. Chef Salvatore Marcello dari New York mengatakan bahwa air harus bergolak sebelum Anda merebus pasta.

3. Tidak menambahkan cukup garam

"Tidak menambahkan garam yang cukup ke dalam air rebusan pasta akan membuat rasa pasta hambar," ujar Chef Kenny Giambalvo, Executive Chef Pazzo Ristorante di Portland, Oregon.

Dalam setiap kemasan pasta selalu dianjurkan untuk merebus pasta di air yang sudah digarami. Caranya tambahkan 10 gram garam untuk 10.000 gram air.

Kenali 7 Hal yang Bikin Pasta Buatan Anda Kurang EnakFoto: iStock

4. Membilas pasta setelah dimasak

Membilas pasta sering dilakukan agar pasta yang Anda masak tidak lengket. Ternyata hal ini justru membuat pasta hambar. Tidak perlu membilasnya. Langsung saja tiriskan sebelum dimasak bersama saus. Nyam!

5. Menggunakan bentuk pasta yang salah

Memilih bentuk pasta yang tepat ternyata akan mempengaruhi rasa pasta. "Bentuk pasta yang lebih rata sebaiknya dikombinasikan dengan minyak zaitun dan saus krim, sementara bentuk yang lebih keras, seperti orecchiette, baik dikombinasikan dengan saus yang rasanya lebih kuat," ujar chef Lidia Bastianich.

"Saus tomat atau saus krim dengan butter bersifat universal. Keduanya enak dipadukan dengan beragam jenis pasta."

Kenali 7 Hal yang Bikin Pasta Buatan Anda Kurang EnakFoto: iStock

6. Membiarkan pasta terlalu matang

'Al dente' merupakan bagian terpenting saat membuat pasta. Karenanya hindari memasak pasta terlalu matang. Hindari juga mendiamkan pasta terlalu lama karena pasta bisa mengembang dan jadi tak enak. Pasta paling enak dinikmati sesaat setelah dibuat.

Chef Daniela del Balzo, pemilik Daniela's Cooking School di Roma mengatakan, "Matikan air dua sampai tiga menit sebelum waktu yang disarankan pada kotak kemasan, sehingga pasta tidak terlalu matang."

7. Tidak memasak pasta dengan saus

Jangan biarkan Anda memasukkan saus setelah pasta selesai dimasak. Seringkali orang melakukan hal inj. Memasukkan saus setelah selesai memasak pasta akan membuat rasa pasta kurang enak.

"Pasta yang panas memiliki pori-pori, sama seperti kulit kita. Saat panas, mereka terbuka, saat dingin mereka tertutup," kata chef Carmine DiGiovanni.

Baca juga: Pencinta Pasta, Ini 5 Tempat Enak Makan Spaghetti Aglio Olio (lus/adr)