Slurpp! Kopi Lebih Nikmat dengan 4 Tambahan Bahan Ini

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 22 Nov 2017 19:00 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Dengan tambahan beberapa bahan, rutinitas minum kopi di pagi hari terasa makin nikmat. Mulai dari bubuk kakao hingga sejumput garam.

Tradisi menikmati secangkir kopi di pagi hari jadi rutinitas bagi banyak orang. Selain bisa bangkitkan energi, kopi juga dianggap sebagai minuman untuk memanjakan diri.

Health (3/11) telah merangkum beberapa bahan yang bisa menambah kenikmatan kopi. Rasanya mungkin unik bagi sebagian orang tapi sudah banyak yang mencoba racikan ini.

Baca juga: Begini Cara Meracik Es Kopi Susu Kekinian yang Enak

1. Bubuk kakao

Slurpp! Kopi Lebih Nikmat dengan 4 Tambahan Bahan IniFoto: iStock

Paduan kopi dan cokelat tentu terasa nikmat. Jika ingin mencicipnya, cukup tambahkan 1 hingga 1,5 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis ke dalam bubuk kopi. Aduk rata semuanya dan tambahkan sedikit krim untuk menghadirkan tekstur lembut mirip cokelat hangat.

2. Rempah-rempah

Slurpp! Kopi Lebih Nikmat dengan 4 Tambahan Bahan IniFoto: Foodbeast

Menambahkan sejumput rempah ke dalam kopi bisa menambah cita rasa. Ada beberapa pilihan rempah yang bisa dicoba seperti kayu manis, pala, lavender dan kapulaga. Cukup campurkan 1/4 sendok teh rempah pilihan ke dalam kopi bubuk lalu seduh. Cara ini bisa mendorong Anda berkreasi dalam menghasilkan secangkir kopi nikmat.

3. Ekstrak

Slurpp! Kopi Lebih Nikmat dengan 4 Tambahan Bahan IniFoto: Getty Images / Oddono's Chiswick

Jika takut untuk bereksperimen, Anda bisa menambahkan sedikit vanili atau ekstrak kelapa ke dalam secangkir kopi. Kalau ingin yang sangat berbeda, coba tambahkan 1 sendok teh peppermint atau rum pada bubuk kopi yang belum diseduh. Dijamin rasanya lebih nikmat!

Baca juga: Kopi Lebih Enak Jika Ditambahkan Sedikit Garam, Ini Alasannya

4. Garam

Slurpp! Kopi Lebih Nikmat dengan 4 Tambahan Bahan IniFoto: iStock/Istimewa

Sama seperti sejumput garam yang berdampak banyak pada makanan, garam juga bisa memberi dampak pada secangkir kopi. Garam bisa 'menetralisir' kepahitan kopi. Tuangkan sekitar 1/8 sendok teh garam ke dalam kopi bubuk sebelum Anda menyeduhnya.

(adr/adr)