Ini 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Toaster (2)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 21 Nov 2017 17:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mematikan pemanggang roti terlalu cepat hingga membalikkan pemanggang roti tidak hanya membuat roti Anda tidak matang tapi juga dapat merusak toaster.

Banyak orang yang tak menyadari bahwa hal-hal kecil bisa membuat toaster rusak. Tidak hanya harus memperhatikan suhu dan besar roti, ada lagi 4 hal yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Inikah Pemanggang Roti Termahal di Dunia?

6. Mematikan pemanggang roti terlalu cepat

Pemanggang roti memang alat yang sangat mudah untuk menyiapkan roti pada sarapan pagi Anda. Hanya dengan masukkan roti ke dalam panggangan dan tunggu hingga matang.

Namun rasa lapar yang Anda alami, membuat Anda mengangkat tuas panggangan hingga menyebabkan roti Anda tidak matang dengan sempurna. Jangan terlalu cepat untuk mengangkat tuas, biarkan panggangan roti memanggang hingga matang.

Ini 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Toaster (2)Foto: iStock

7. Meletakkan bagel di sisi yang salah

Memanggang bagel merupakan hal yang sederhana. Hanya dengan memasukkan beberapa iris roti dan menyalakan tuasnya. Tapi ketika Anda hendak memanggang bagel, hal-hal yang dilakukan sedikit lebih rumit. Tombol khusus memanggang bagel adalah salah satu fitur tambahan yang muncul sebagai pemanggang bagel.

Tekstur dari bagel lebih padat daripada roti lainnya. Saat Anda ingin memanggang bagel, ambil sedikit lebih banyak waktu dalam memanggangnya, agar hasilnya dapat sempurna. Dan jangan lupa untuk lebih teliti ketika memasukkan bagel ke dalam pemanggang. Karena bagel hanya memiliki satu sisi agar dapat matang.

8. Anda tidak menggunakan kertas khusus

Pemanggang roti memang merupakan alat spesialis. Tetapi jika Anda ingin memanggang roti dengan menambahkan isian seperti keju pada santapan makan pagi Anda. Anda harus menggunakan kertas khusus untuk memanggangnya.

Tentu Anda tidak ingin makan pagi Anda batal hanya karena pemanggang roti membakar isian yang jatuh ke dalam alat pemanggang roti Anda. Toastabags seperti saku kecil yang dapat tahan api dan memungkinkan Anda untuk membuat roti keju panggang dalam pemanggang roti tanpa risiko apapun. Terbuat dari bahan seperti teflon. Selain itu Toastbags ini juga dapat panaskan pizza atau panini.

Ini 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Toaster (2)Foto: iStock

9. Anda mencoba hal yang berbahaya

Jangan membalik pemanggang roti Anda untuk membuat roti keju panggang. Lelehan kejunya akan mengotori lantai Anda dan juga pemanggang roti. Cara ini merupakan cara yang sangat berbahaya dan menyebabkan pemanggang roti Anda rusak. Memang, membalikkan pemanggang roti akan membuat roti keju panggang Anda cepat matang.

Namun, lebih baik menunggu beberapa saat dibandingkan membeli pemanggang roti yang baru.

Baca juga: Croissant Panggang Nutella Enak Buat Sarapan atau Ngemil (lus/lus)