Ini 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Toaster (1)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 21 Nov 2017 16:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Walau tergolong mudah, akan tetapi banyak orang yang masih sering lakukan kesalahan saat gunakan toaster. Hal ini membuat toaster cepat rusak.

Dilansir dalam Mashed, ada 9 cara dan kebiasaan salah yang sering dilakukan orang saat menggunakan toaster. Apa saja ya?

Baca juga: Toaster Bening Transparan Ini Elegan dan Ramah Lingkungan

1. Tidak sering dibersihkan

Pemanggang roti Anda dapat kotor dalam dua cara. Selain dari remah roti yang jatuh dan menumpuk di bagian bawah, debu juga bisa jadi penyebabnya.

Segera cabut pemanggang roti Anda dari listrik, keluarkan baki yang ada di bawah pemanggang roti, dan buanglah isinya. Walaupun baki dibagian bawah sudah dibersihkan, tetap goyangkan pemanggang roti di atas tempat sampah untuk menghilangkan setiap remah-remah yang ada di dalam.

Kemudian bersihkan baki bagian bawah luar dengan kain yang sedikit basah dan juga dikeringkan dengan kain kering. Pasang kembali bakinya. Dan Anda siap untuk membuat roti panggang.

Ini 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Toaster (1)Foto: iStock

2. Memasukan ukuran roti yang salah

Ukuran pada roti tidak semuanya sama. Pemanggang roti Anda mungkin hanya memiliki satu pengaturan suhu. Sepotong roti panggang yang sempurna menurut ahli yaitu bertekstur renyah pada bagian luar tapi lembut dan lembab di bagian dalam.

Ketebalan roti membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuatnya renyah dan harus dipotong tipis untuk menghindari bagian yang tidak terpanggang.

3. Anda berpikir angka merujuk pada waktu

Hampir setiap alat untuk memasak di dapur dapat diatur untuk dimatikan setelah jangka waktu tertentu. Namun, angka yang ada pada pemanggang roti tidak merujuk pada waktu seperti detik, menit, bahkan jam.

Contohnya, jika pemanggang roti Anda menunjukkan angka 4, itu artinya bukan roti Anda akan matang dalam 4 menit. Biarkan pemanggang roti mati dengan sendirinya. Sehingga kenali alat pemanggang Anda agar dalam pemakaiannya tidak salah.

Ini 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Toaster (1)Foto: iStock

4. Tidak menyesuaikan pengaturan

Ketebalan dalam sepotong roti panggang tidak menentu, maka dari itu setiap Anda yang memasukkan roti ke dalam panggangan, pastikan Anda menyesuaikan pengaturannya lagi di hampir setiap kali Anda memasukkan sepotong roti.

Jika Anda menginginkan beberapa potong roti, jangan biarkan irisan roti kedua Anda dipanggang menggunakan panas dari panggangan pertama. Hal itu hanya akan membuat roti Anda gosong. Panduannya, Anda dapat mengecilkan suhu jika roti irisan kedua Anda lebih lembut, lebih hangat atau lebih tipis. Setiap irisan roti yang masuk ke dalam pemanggang roti, lebih baik suhunya harus disesuaikan.

5. Anda tidak menggunakan tuas angkat tambahan

Ketika roti Anda sudah matang, maka dengan sendirinya tuas roti Anda akan naik. Namun, jangan cepat-cepat untuk mengambil roti tersebut. Naikkan tuas di panggangan roti Anda hingga maksimal dan roti yang baru saja di panggang akan terangkat. Dan Anda boleh mengangkatnya.

Cara itu memudahkan Anda dan menghindari tangan Anda terkena panasnya suhu di sisi-sisi pemanggang roti.

Baca juga: Dengan Alat Ini Roti Panggang Hingga Kopi Bisa Sekaligus Disajikan

(lus/lus)