Nikmatnya 'Suket,' Minuman Susu Ketan yang Kekinian dari Kuningan!

Nailatul Fadhillah - detikFood Selasa, 21 Nov 2017 10:21 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kuningan punya jajanan kekinian bernama "Suket." Berupa minuman yang dibuat dari susu dan ketan dengan dengan varian rasa cokelat, Milo, Coke, mangga, hingga alpukat.

Suket alias susu ketan adalah minuman kekinian dari Kuningan. Sesuai namanya yang merupakan singkatan "susu" dan "ketan," minuman ini dibuat dari paduan keduanya.

Gerai Suket bisa ditemui di Jatinangor (18/11). Minuman ini ternyata punya banyak rasa, mulai dari rasa original yang merepresentasikan namanya, hingga berbagai varian rasa tambahan dan buah-buahan. Bisa disajikan hangat maupun dingin. Tercatat ada 29 varian rasa suket di sini dengan harga mulai dari Rp. 7000 - Rp. 15.000.

Nikmatnya 'Suket,' Minuman Susu Ketan yang Kekinian dari Kuningan!Proses Pembuatan Suket Ekstra Mangga dengan Topping Keju (Foto: dok. detikFood)

Untuk membuatnya, bahan-bahan dasar seperti susu murni, ketan hitam dan jelly dikirim langsung dari Kuningan. Untuk susu dan ketan hitam terlebih dahulu dibekukan dari sana agar tetap awet. Saat ingin diracik, ketan hitam baru direbus kembali.

Selanjutnya, ketan hitam ditaruh di gelas dan diberi susu segar di atasnya. Seperti tak ingin kalah saing dengan berbagai jajanan kekinian saat ini, Suket juga menghadirkan inovasi-inovasi dalam menunya. Varian Suket original dibuat dari susu dan ketan hitam, lalu ditaburi parutan keju di atasnya.

Untuk topping premium-nya ada suket vanila, cokelat, strawberry, Silverqueen, Milo dan lainnya. Rasa terbaru yaitu Suket dengan extra rasa buah-buahan.

Pilihan menu Susu Ketan Extra Mangga menjadi favorit pelanggan saat ini. Dibuat dari susu, ketan hitam, jelly, yogurt, keju dan potongan mangga terasa ciamik! Tak sekadar menumpas dahaga, minuman ini juga bisa tunda lapar.

Nikmatnya 'Suket,' Minuman Susu Ketan yang Kekinian dari Kuningan!Suket Extra Mangga yang Jadi Favorit (Foto: dok. detikFood)

Diakui oleh sang penjual, minuman ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sebagai usaha memperluas jaringan, Suket sudah membuka beberapa gerai cabang, berpusat di kota Kuningan Jawa Barat, gerai lainnya telah dibuka di daerah Majalengka, Sumedang, Jatitujuh hingga Bekasi. Bahkan juga akan segera dibuka di daerah Subang.

Untuk gerai Jatinangor sendiri sudah memiliki banyak pelanggan, tak heran jika ada pelanggan yang langsung beli 4-5 porsi. Bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Cibiru hanya untuk menikmati minuman ini.

Nah terdengar menarik bukan? Jika sedang di Jatinangor, pastikan cicip minuman mengenyangkan ini ya!

(adr/adr)