Pakai Raket Tennis untuk Haluskan Kentang, Bakery Ini Didenda Rp 2.7 Milliar

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 20 Nov 2017 06:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pengawas kesehatan menemukan hal-hal tak wajar saat lakukan inspeksi di bakery ini. Di antaranya raket tennis untuk haluskan kentang.

Seperti bakery dan restoran umumnya, bakery Doce Bakers dan Sweet Mahal juga diperiksa oleh petugas kesehatan. Ini untuk mengecek status higienis dan sanitasi usaha makanan mereka.

Bulan Januari lalu bakery yang terletak di London Utara ini ditegur karena punya masalah hama, lantai kotor dan peralatan masaknya, lapor the daily meal (19/11). Kemudian inspeksi dilakukan bulan Juli lalu untuk melihat perubahan setelah mereka ditegur.

Pakai Raket Tennis untuk Haluskan Kentang, Bakery Ini Didenda Rp 2.7 MilliarFoto: iStock

Inspektur kesehatan justru menemukan raket tennis yang tertutup kentang, dalam sebuah baskom besar berisi kentang rebus. Menurut staf dapur raket itu dipakai untuk menghaluskan kentang untuk mashed potatotes.

Seperti diakui, kedua bakery ini memiliki area memasak yang sama. Untuk mengolah dessert, roti, kue hingga samosa. Namun, inspektur kesehatan menemukan tempat ini jorok. Menurut inspektur kesehatan, raket tennis tidak efektif untuk haluskan kentang.

Menuurt mereka staf dapur selain memakai raket itu untuk menghaluskan kentang juga untuk memarut kentang. Padalah jika memakai alat penghalus kentang yang benar, hasilnya lebih maksimal.

Kecuali itu mereka mempunyai problem hama dan sampah menumpuk di luar bakery. Akhirnya Enfield Council mengenakan denda pada kedua pemilik bakery sebesar $ 201,970 atau sekitar Rp 2.7 milliar. (odi/odi)