Jelang 2018, Supermarket Ini Prediksi Makanan yang Bakal Nge-tren!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 17 Nov 2017 11:52 WIB
Foto: Sigmatic Foto: Sigmatic
Jakarta - Memasuki akhir tahun, jaringan supermarket Whole Foods memprediksi makanan yang akan tren. Prediksinya unik, salah satunya sentuhan bunga pada makanan.

Tahun 2018 tinggal menghitung bulan. Karenanya Whole Foods mengeluarkan daftar makanan yang diperkirakan akan jadi tren tahun depan. Berikut 5 makanan tersebut seperti dijelaskan Time (6/11).

1. Kopi infused jamur

Jelang 2018, Supermarket Ini Prediksi Makanan yang Bakal Nge-tren!Foto: Sigmatic

Berkat manfaatnya, jamur sering dipakai sebagai bahan suplemen nutrisi untuk tingkatkan sistem imunitas tubuh atau kadar antioksidan. Tahun 2018, varietas jamur seperti reishi, chaga dan cordycheps diprediksi banyak dipakai pada produk kopi, cokelat, kaldu dan bahkan teh. Tentunya produk dipasarkan dengan embel-embel manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Selain dimakan atau diminum, jamur juga akan banyak ditemukan pada produk perawatan tubuh. Whole Foods menduga jamur akan terkandung pada sabun dan shampoo atau conditioner.

Baca Juga: 'Mushroom Coffee' Ini Diklaim Lebih Sehat dari Kopi Biasa

2. Makanan berbasis nabati

Jelang 2018, Supermarket Ini Prediksi Makanan yang Bakal Nge-tren!Foto: Impossible Burger

Semakin banyak orang yang ingin hidup sehat sehingga meninggalkan produk hewani. Makanan berbasis nabati pun jadi pilihan. Perusahaan berlomba-lomba membuat inovasi agar bahan hewani bisa diganti bahan nabati seperti patty burger vegetarian.

Inovasi lainnya termasuk sushi berisi tomat untuk menggantikan tuna dan dessert creamy namun tanpa produk susu. Tekstur creamy kabarnya bisa didapat dari manipulasi ilmiah berbahan kacang-kacangan.

3. Akar hingga batang sayuran

Jelang 2018, Supermarket Ini Prediksi Makanan yang Bakal Nge-tren!Foto: iStock

2018 jadi tahun dimana banyak orang mulai memanfaatkan semua bagian sayuran. Mulai dari akar hingga batang yang biasanya dibuang. Kulit semangka, misalnya, bisa dijadikan acar. Sementara batang brokoli bisa dijadikan salad.

4. Bubuk 'super'

Jelang 2018, Supermarket Ini Prediksi Makanan yang Bakal Nge-tren!Foto: Istimewa

Tahun ini bubuk protein populer di kalangan pencinta hidup sehat. Bubuk ini biasanya ditambahkan pada smoothie agar lebih berenergi. Di tahun 2018, bubuk spirulina kabarnya akan jadi tren. Begitu juga dengan bubuk kale atau bubuk dari akar dan herba lainnya.

Whole Foods juga memprediksi tahun depan akan ada lebih banyak minuman berbasis kunyit. Begitu juga dengan minuman berbahan bubuk matcha dan kakao.

Baca Juga: Seorang Binaragawati Wanita Meninggal Karena Terlalu Banyak Konsumsi Protein

5. Rasa bunga

Jelang 2018, Supermarket Ini Prediksi Makanan yang Bakal Nge-tren!Foto: Istimewa

Bunga bukan hanya sekadar jadi garnish hidangan. Tren makanan dengan rasa bunga lavender atau elderflower akan tetap diminati di 2018. Whole Food memprediksi rasa bunga mawar dan hibiscus atau kembang sepatu juga akan menyusul.

(adr/adr)