Menilik Asal Usul Bakpao yang Jadi Istilah Ukuran Benjolan di Kepala Setya Novanto!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 17 Nov 2017 10:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kecelakaan, Setya Novanto alami benjolan sebesar bakpao. Bakpao ialah sajian kue asal China yang kini populer di banyak negara dengan aneka isian yang enak.

Setya Novanto alami kecelakaan lalu lintas pada (16/11) saat hendak berangkat menuju KPK untuk menyerahkan diri. Menurut pengacaranya yaitu Novanto Frederich Yunadi, kondisi Setya Novanti luka parah dan kepalanya bengkak seperti bakpao. "Benjolnya seperti bakpao," tutur Frederich di RS Permata Hijau, Jaksel.

Baca juga: Disebut Kepalanya Bengkak Seperti Bakpao, Begini Kondisi Novanto

Menilik Asal Usul Bakpao yang Jadi Istilah Ukuran Benjolan di Kepala Setya Novanto!Penjual bakpao gerobak yang sering ditemui di jalanan. Foto: Istimewa

Berkat istilah ini, bakpao pun jadi viral di media sosial. Memang istilah kepala benjol sebesar bakpao ini sering ditujukan untuk menggambarkan seseorang yang alami benjolan kepala untuk menggambarkan ukurannya.

Ramai dibicarakan, darimana sih asal usul bakpao? Bakpao yang dijadikan istilah oleh sang pengacara Setya Novanto ini sebenarnya adalah makanan tradisional asal China. Kata bakpao meluas di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang China di Indonesia. Kini sajian ini sudah mendunia termasuk di Indonesia.

Zhuge Liang ialah penemu bakpao yang legendaris. Dalam Bahasa China, 'pao' berarti bungkusan dan 'bak' berarti daging. Aslinya, daging dalam bakpao adalah daging babi, namun disesuaikan dengan mayoritas penduduk Indonesia yang muslim, isian divariasikan mulai dari kacang hijau, kacang merah, ayam, hingga daging sapi.
Menilik Asal Usul Bakpao yang Jadi Istilah Ukuran Benjolan di Kepala Setya Novanto!Bakpao kukus yang berasal dari China dan kini digemari di Indonesia. Foto: Istimewa

Bakpao dibuat dengan adonan tepung terigu yang diuleni dan dicampur dengan ragi untuk mengembangkan adonan. Setelah menjadi biang, bakpao dibentuk dan diisi kemudian dibiarkan mengembang lalu dikukus hingga matang. Baru-baru ini ada juga muncul isian bakpao yang populer yaitu saus telur asin.

Bakpao biasa dijual dalam bentuk lingkaran, ukuran diameter kurang lebih 10 cm, sepegangan tangan dan berwarna putih. Titik warna-warni di tengah lingkaran bagian atas, biasanya merah dan hijau, dibuat untuk menandakan isi bakpao.

Secara tradisional, bakpao dijual dengan gerobak sepeda dan dijual dengan harga Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per buahnya. Enak dinikmati hangat-hangat dengan secangkir teh. Mau coba?

Baca juga: Malam Ini Enaknya Ngemil Bakpao Aneka Isian yang Empuk Lembut (lus/lus)