Digelar Pertama Kali, Tiramisu World Cup Dijuarai Pegawai Pabrik Italia

Esther Suhana - detikFood Selasa, 07 Nov 2017 19:46 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang pekerja pabrik di Italia memenangkan Tiramisu World Cup pada Minggu (05/11). Ia mengalahkan 700 kontestan amatir lainnya.

Ratusan peserta Kejuaraan Tiramisu Dunia (Tiramisu World Cup) datang ke Treviso, Italia untuk bersaing membuat tiramisu terbaik. Mereka bersaing selama 2 hari dalam pembuatan dessert yang berarti "pick-me-up" ini.

Dikabarkan Straits Times (6/11), Andrea Ciccolella keluar sebagai pemenang. Wanita 28 tahun ini berasal daro Feltre, wilayah Veneto dan beekrja di pabrik kacamata.

Digelar Pertama Kali, <i>Tiramisu World Cup</i> Dijuarai Pegawai Pabrik ItaliaFoto: Istimewa

Baca juga: Awalnya Tiramisu Diciptakan di Rumah Bordil untuk Pembangkit Gairah

"Impian saya menjadi pastry chef dan membuka toko kue kecil milik saya sendiri, dimana saya membuat hidangan tradisional rumahan. Tidak ada yang mewah karena saya akan lebih mengutamakan rasa," ujar Ciccolella.

Para peserta mengikuti resep asli tiramisu dengan biskuit ladyfinger, keju mascarpone, telur, kopi, bubuk kakao dan gula. Ada juga yang membuat variasi dengan menambahkan strawberry hingga teh hijau.

Menambahkan irisan pisang dibolehkan dalam kompetisi ini. Tapi penambahan alkohol seperti wine Marsala tidak boleh.

Hadiah pemenang Tiramisu World Cup diserahkan Roberto Linguanotto, pastry chef yang bekerja di Treviso tahun 1960-1970. Ia disebut-sebut sebagai sosok dibalik resep tiramisu original.

Digelar Pertama Kali, <i>Tiramisu World Cup</i> Dijuarai Pegawai Pabrik ItaliaFoto: Istimewa

"Yang memberi sentuhan akhir untuk tiramisu adalah kopi. Sangat mahal karena tiap ladyfinger harus dicelupkan dalam espresso, dan Anda perlu banyak menggunakan ladyfinger: intens, kualitas yang baik dan rasa," ujar Linguanotto.

Sebelumnya ada perbedaan pendapat diantara para foodies soal wilayah asal tiramisu. Ada yang mengatakan dari Veneto, namun ada pula yang mengatakan tiramisu dari Friuli.

Baca juga: Mau Bikin Tiramisu, Dessert Populer dari Italia? Ikuti Cara Praktis dan Mudah Ini

(adr/adr)
Load Komentar ...