Di Ulang Tahun Pernikahan ke-70, Cake Pernikahan Ratu Elizabeth 'Dihadirkan' Kembali

Esther Suhana - detikFood Rabu, 01 Nov 2017 18:25 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Tahun ini Ratu Elizabeth memperingati ulang tahun pernikahannya yang ke-70. Le Cordon Bleu London membuat replika cake pernikahan Ratu Elizabeth yang persis asli.

Dalam rangka ulang tahun pernikahan ke-70 Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, masyarakat Inggris kini bisa melihat tampilan cake pernikahan mereka dulu. Cake ini dibuat institusi pendidikan perhotelan terbesar di dunia, Le Cordon Bleu di London.

Berat cake mencapai 226 kilo gram dengan tinggi 4 tingkat. Jenis cake-nya sendiri berupa fruitcake dengan hiasan bunga putih. Semua detail hiasan ini ditaruh langsung dengan tangan ke atas cake. Head Pastry Chef Julie Walsh mengaku tak punya contoh khusus untuk membuat cake ini. Ia hanya mengandalkan foto cake hitam putih 70 tahun lalu saat berkreasi.

Di Ulang Tahun Pernikahan ke-70, Cake Pernikahan Ratu Elizabeth 'Dihadirkan' KembaliFoto: Istimewa

Baca juga: Wah, Ratu Elizabeth Punya Gerai McDonald's di Luar London!

Replika cake pernikahan Ratu Elizabeth ditampilkan tadi malam di ITV (31/10), sebagai bagian dari film dokumenter berjudul A Very Royal Wedding. Selain cake, film juga menampilkan cincin pertunangan Ratu Elizabeth.

Mengenai proses pembuatan cake, Walsh dibantu 8 orang daari timnya. Kabarnya proses pembuatan cake menelan waktu beberapa bulan.

"Cetakan cake dibuat khusus untuk mendukung proses pemanggangannya. Tiap detailnya dibuat dengan tangan karena tidak ada desain aslinya. Selanjutnya hiasan krim dibuat satu per satu untuk memastikan tiap tingkatnya mirip seperti cake pernikahan asli," tutur Walsh seperti dikutip dalam Food & Wine (31/10).

Di Ulang Tahun Pernikahan ke-70, Cake Pernikahan Ratu Elizabeth 'Dihadirkan' KembaliFoto: Istimewa

Tim Walsh habiskan ratusan jam untuk membuat cake pernikahan yang sempurna. Ia ingin agar semuanya nampak seperti terlihat pada foto.

Cake pernikahan ini bukan sekadar jadi pajangan. Kreasi Walsh bersama timnya tidak sia-sia karena cake akan diberikan pada pasien Royal Hospital Chelsea dan panti jompo lainnya di wilayah tersebut. Sementara bagian teratas cake akan disimpan untuk tradisi istimewa dimana Ratu Elizabeth akan menerimanya pada tanggal pernikahan ia bersama Pangeran Philip pada 20 November mendatang.

Baca juga: Terungkap! Menu Sarapan Ratu Elizabeth yang Ternyata Sederhana

(adr/adr)