Cara Ini Bisa Bikin Bawang Putih hingga Cabai Lebih Awet Disimpan

Maya Safira - detikFood Jumat, 27 Okt 2017 19:05 WIB
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Turunnya harga bawang dan cabai di pasaran bisa dimanfaatkan untuk jadi stok. Supaya awet, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Selama satu bulan, harga bawang mengalami penurunan. Ini dikarenakan melimpahnya stok bawang di Pasar Induk, imbas dari musim panen bersamaan di beberapa daerah.

Baca juga: Harga Bawang Turun Jadi Rp 20.000/Kg Karena Stok Melimpah

Cara Ini Bisa Bikin Bawang Putih hingga Cabai Lebih Awet DisimpanFoto: Grandyos Zafna

Harga bawang merah yang biasanya Rp 25.000/kg, sekarang berkisar Rp 20.000-Rp 22.000/kg. Bawang merah pun ada yang dibanderol Rp 15.000/kg.

Sementara bawang putih yang sebelumnya Rp 25.000-Rp.30.000/kg turun jadi Rp 20.000/kg. Bahkan ada juga yang menjual kisaran Rp 17.000-18.000/kg.

Selain bawang, harga cabai beberapa minggu belakangan relatif stabil. Cabai rawit yang sempat menembus Rp 100.000/kg, kini harganya Rp 17.000-20.000/kg. Untuk cabai keriting kisaran Rp 25.000-Rp 27.000/kg.

Baca juga: Harga Bawang Merah di Pasar Sedang Murah, Hanya Rp 15.000/Kg

Penurunan harga bisa jadi waktu tepat membeli cabai dan bawang untuk stok. Namun supaya lebih tahan lama, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Ini Bisa Bikin Bawang Putih hingga Cabai Lebih Awet DisimpanFoto: Puti Aini Yasmin/detikFinance

1. Bawang putih

Supaya lebih tahan lama, hindari membeli bawang yang sudah muncul kecambah. Hindari menyimpan bawang putih dalam kantung plastik atau wadah kedap udara. Karena bisa menyebabkan pertunasan dan tumbuhnya jamur.

Lebih baik simpan bawang putih dalam keranjang yang punya lubang ventilasi. Bawang sudah dikupas bisa disimpan dalam lemari es dengan keadaan bawang dalam wadah tertutup rapat.

2. Bawang merah

Bawang merah sebaiknya disimpan dalam suhu ruang agar bisa tahan satu bulan. Selain itu, cara lainnya simpan bawang dengan kertas yang sudah dilubangi. Pisahkan jenis penyimpanan antara bawang putih dan bawang merah.

Bawang bisa diawetkan dengan mengirisnya dan mengeringkan. Panggang bawang sampai kering atau digoreng kecokelatan. Lalu disimpan dalam wadah kedap udara.

Cara Ini Bisa Bikin Bawang Putih hingga Cabai Lebih Awet DisimpanFoto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

3. Cabai

Simpan cabai dalam wadah tertutup dan kering. Bisa diberi alas tisu di bagian bawah dan sekeliling wadah dalam. Untuk jenis cabai merah yang sudah dikeringkan, kalau disimpan terlalu lama cabai akan berkurang pedasnya. Warna jadi kehitaman dan agak pahit.

Cabai juga bisa diolah menjadi sambal atau bumbu dasar merah. Sehingga bisa dipakai dalam berbagai olahan makanan. (msa/odi)