Di Restoran BBQ Milik Para Dokter Ini, Penulis Artikel Ilmiah Bisa Dapat Diskon!

Maya Safira - detikFood Jumat, 27 Okt 2017 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebuah posting di aplikasi pesan China, WeChat, menarik lebih dari 100.000 view dalam waktu kurang dari satu jam. Posting mengenai sebuah restoran BBQ yang baru buka. Kenapa ya?

Restoran itu berlokasi dekat Xizhimen di Beijing. Uniknya seluruh pemilik restoran merupakan lulusan kedokteran di dua universitas terkemuka China, Universitas Peking dan Universitas Tsinghua. Mereka menamai restorannya The Lancet, mengikuti nama jurnal kedokteran umum tertua dan paling terkenal di dunia, lapor The Shanghaiist (26/10).

Di Restoran BBQ Milik Para Dokter Ini, Penulis Artikel Ilmiah Bisa Dapat Diskon!Foto: Istimewa

The Lancet menawarkan diskon khusus yang berbeda dari restoran BBQ kebanyakan. Ada diskon bagi konsumen yang pernah menerbitkan artikel akademis.

Ini ditujukan pada pengunjung yang pernah menerbitkan artikel ilmiah sebagai first atau corresponding author yang telah dipilih oleh SCI (Science Citation Index), SSCI (Social Sciences Citation Index) atau CSSCI (Chinese Social Sciences Citation Index) dalam 5 tahun terakhir. Maka bisa mendapat diskon sampai 30%. Mereka menghitung diskon dengan cara: harga total - (faktor dampak dari artikel x 10).

Dr. Wang Jian awalnya muncul dengan ide restoran setelah teman dokternya jatuh sakit. Rekannya itu tak bisa membayar biaya medisnya sendiri.

Di Restoran BBQ Milik Para Dokter Ini, Penulis Artikel Ilmiah Bisa Dapat Diskon!Foto: Istimewa

Menurut The Shanghaiist, di China kebanyakan dokter tidak digaji dengan baik. Bahkan setelah menghabiskan delapan tahun sekolah untuk mendapatkan gelar PhD.

"Saya perlu mencari sumber pendapatan lain sehingga saya bisa menjadi seorang dokter tanpa khawatir untuk memenuhi kebutuhan," ujar Dr. Wang kepada seorang reporter.

Ia berkisah suatu malam, saat pulang ke rumah setelah kerja shift malam, Dr. Wang menemukan pekerja di sebuah restoran BBQ setempat sedang mendaur ulang gutter oil (minyak daur ulang sampah restoran). Setelahnya ia memutuskan bikin restoran BBQ sendiri yang tidak memakai minyak hasil limbah.

Selain tidak memakai minyak tersebut, The Lancet juga melarang penggunaan bahan tidak segar. Dr. Cheng Si, salah satu pendiri restoran, mengatakan bahwa dokter punya misi menyelamatkan jiwa orang dan menjaga kesehatan mereka.

Di Restoran BBQ Milik Para Dokter Ini, Penulis Artikel Ilmiah Bisa Dapat Diskon!Foto: Istimewa

Pada 15 Oktober lalu, Dr William Summerskill, editor eksekutif jurnal The Lancet, tiba-tiba datang ke restoran. Ia mengatakan sangat senang dengan tempat itu.

"Kini kita bisa mengatakan pada penulis untuk menerbitkan makalah mereka di The Lancet sehingga mereka bisa mendapat makan gratis di restoran The Lancet BBQ!" tuturnya.

(msa/odi)